Twitter Kembangkan Coins, Bagaimana Nasib Doge?

Share :

Portalkripto.com — Sejak miliarder Elon Musk mengambil alih kepemimpinan Twitter, komunitas kripto memiliki harapan yang tinggi bahwa Dogecoin bisa dijadikan alat pembayaran dalam platform media sosial tersebut. Namun, bocoran dari beberapa blogger teknologi tampaknya membuat komunitas kripto sedikit kecewa.

Blogger Jane Manchun Wong mengungkapkan, Twitter saat ini sedang mengembangkan fitur Twitter Coins. Wong dikenal sering mengungkap fitur-fitur baru yang masih disembunyikan dalam sebuah situs atau aplikasi.

Twitter Coins berfungsi sebagai award/gift yang bisa diberikan kepada kreator, seperti gift di live TikTok dan Gold di Reddit. Dengan demikian, kreator yang memberikan informasi berguna atau menarik bisa memperoleh pendapatan dari sini.

Ada beberapa tag dalam Twitter Coins, yakni Hilarious, Helpful, Gem, Crown, dan lainnya, yang masing-masing bernilai berbeda. Kreator bisa mencairkan award jika sudah terkumpul minimal $50.

Menurut Wong, Twitter Coins bisa dibeli dengan mata uang fiat melalui platform pembayaran online Stripe. Stripe dapat menerima pembayaran melalui kartu kredit dan debit, transfer bank, dan voucher.

Bagaimana dengan Dogecoin?

Dalam Twitter Space yang digelar 4 Desember 2022, Elon Musk mengatakan masih tertarik dengan integrasi antara kripto dan Twitter. Namun, dalam bocoran Wong Twitter Coins sama sekali tak berkaitan dengan kripto atau blockchain.

Blogger tekno lainnya, Nima Owji, mengatakan tidak menemukan adanya indikasi kripto akan diintegrasikan ke dalam Twitter Coins. Menurutnya, fitur ini kemungkinan akan menggunakan mata uang digital in-app.

“Twitter Coins masih dalam pengembangan, kami tidak melihat adanya bukti yang terkait dengan kripto,” ujar Owji. Ia meminta komunitas kripto untuk waspada akan pelaku scam kripto yang membawa nama Twitter Coins.

Meski demikian, walaupun Twitter Coins tidak dibangun di atas blockchain, kripto dinilai tetap bisa menjadi metode pembayaran di platform Stripe. Pada 22 April 2022, Stripe diketahui telah melakukan uji coba pembayaran dengan stablecoin USDC untuk kreator yang memonetisasi kontennya di Twitter.

Bukan tidak mungkin kripto seperti Dogecoin bisa digunakan untuk membeli Twitter Coins di masa depan. Jika tidak, komunitas percaya Dogecoin suatu saat pasti memiliki peran pentingnya sendiri di Twitter.

Elon Musk selama ini selalu identik dengan Dogecoin. Setiap cuitannya tentang DOGE bisa membawa nilai koin meme itu melesat tinggi. Saat CEO Tesla itu mengakuisisi Twitter pada akhir Oktober lalu, DOGE bahkan mengalami kenaikan hingga 100%.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.