Upgrade Shanghai Ditetapkan 13 April 2023

Share :

Portalkripto.com — Tanggal upgrade Shanghai di jaringan Ethereum telah ditentukan, yakni 13 April 2023, untuk waktu Indonesia. Penetapan tanggal ini dilakukan para pengembang inti Ethereum dalam pertemuan All Core Developers Execution Layer #157 pada 16 Maret 2023.

Tanggal yang telah ditentukan, yakni 13 April 2023 pukul 05:27:35 WIB di epoch 620.9536, juga sudah dikonfirmasi oleh pengembang Ethereum di GitHub. Salah satu pengembang inti Ethereum, Tim Beiko, juga sudah mengeluarkan pernyataan di Twitter.

Upgrade Shanghai membawa lima pembaruan melalui Ethereum Improvement Proposals (EIP). Salah satunya EIP-4985, yang melengkapi transisi jaringan ke mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) dengan memungkinkan validator untuk menarik ETH mereka yang telah di-staking di Beacon Chain.

Setelah upgrade dilakukan, validator yang memilih untuk terus menyimpan staked ETH di jaringan, bisa terus menerima rewards secara otomatis dan berkala. Namun, validator juga bisa menarik seluruh ETH mereka dari jaringan.

Menurut Dune, blockchain smart contract PoS Ethereum telah menyimpan lebih dari 17,7 juta ETH senilai $30 juta. Agar tak terjadi aksi jual besar-besaran, pengembang memberlakukan mekanisme penarikan staked ETH khusus.

Validator harus ‘mengantre’ untuk bisa menarik dana mereka. Setelah keluar dari antrean, mereka masih harus menunggu proses penarikan yang bisa berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Hanya 1.600 hingga 1.800 validator yang bisa melakukan penarikan per hari. Jumlah maksimal ETH yang bisa ditarik dalam sehari sebanyak 57.600 ETH atau sekitar 0,40% dari total ETH yang di-staking di jaringan. Jika ingin menarik semua ETH yang di-staking, validator harus menunggu lebih lama.

Ethereum resmi berpindah dari model proof-of-work (PoW) ke model PoS dalam proses The Merge, pada 15 September 2023. Dalam transisi ini, penambang ETH tergantikan oleh validator sebagai komponen kunci jaringan.

Setelah upgrade Shanghai, Ethereum akan melakukan upgrade lainnya, termasuk Surge, Verge, Purge, dan Splurge.