UST Ambruk, Eks Pegawai Terra Ungkap Kegagalan Do Kwon Sebelumnya

Share :

Portalkripto.com — Menyusul anjloknya UST yang saat ini diperdagangkan $0,6, turun 15% dibandingkan sehari sebelumnya, sejumlah pegawai eks Terra mengungkapkan kegagalan Do Kwon lainnya.

Menurut laporan Coindesk, CEO Terra Terraform Labs Do Kwon, adalah salah satu pendiri stablecoin algoritmik yang gagal, Basis Cash (BAC).

Basis Cash diluncurkan di jaringan Ethereum pada akhir 2020, tepat sebelum peluncuran terraUSD (UST). Seperti halnya UST, Basis Cash berusaha mempertahankan batasan $1 namun berujung dengan kegagalan.

Token yang sudah lama ditinggalkan ini tidak pernah mencapai target paritas dolarnya, merosot di bawah $1 pada awal 2021 dan diperdagangkan jauh di bawah 1 sen pada Rabu, 11 Mei 2022. Sekarang sejarah tampaknya berulang. Selama tiga hari terakhir, UST merosot tajam di bawah pasaknya, mencapai level 27 sen pada Rabu dini hari waktu Amerika Serikat.


Jelajahi Artikel Lain:

Siapa Do Kwon, Pendiri Blockchain Terra Luna ?  

Bitcoin Belum Sentuh Harga Dasar, Analis: Aksi Jual Masih Berlanjut


Seorang mantan engineering di Terraform Labs, Hyungsuk Kang, mengatakan bahwa Basis Cash sebenarnya adalah proyek sampingan dari beberapa pencipta awal Terra, termasuk dirinya dan Do Kwon. Kang akhirnya meninggalkan TFL untuk membangun pesaing Terra yang disebut Standard Protocol.

“Basis Cash tidak pernah diuji saat itu dan kami sendiri bahkan tidak yakin itu akan berhasil,” kata Kang. Dia menambahkan bahwa Kwon menjadikan Basis Cash ini sebagai proyek percontohan.

Kreator Basis Cash lainnya yang enggan disebut namanya mengkonfirmasi bahwa Do Kwon dan TFL berada di belakang proyek tersebut.

Baik Kang maupun kreator anonim itu menyebutkan Kwon memakai nama alias “Rick Sanchez” saat membangun Basic Cash. CoinDesk sudah meminta konfirmasi soal nama alias ini, namun Kwon tidak menanggapinya.

Dalam chat live Basis Cash di Coinmarketcap, beberapa akun mengomentari kondisi UST terkini dengan kegagalan BAC.

Akun croniixhdlp1 menulis “Hey Do Kwoon whats up bro? You really failed a second time again?”. Akun lainnya, paviastar menyatakan “Terra Foundation was the team behind $BAC just before they made UST”.

Basis Cash tidak pernah mencapai puncaknya terkait proyek crypto Kwon. Nilai totalnya terkunci (TVL) pada $ 174 juta di Februari 2021. Jumlah itu masih dua kali lipat di bawah TVL Terra senilai $ 30 miliar sebelum rontok di akhir pekan lalu.