Volatilitas Pasar Kripto Kembali Diuji Jelang PDB AS, Berikut Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan DOGE, 26 Januari 2023

Share :

Portalkripto.com — Tingginya volatilitas pasar kirpto kembali dirasakan. Hal tersebut terlihat dari lebarnya jarak antara titik tertinggi dan terendah pada penutupan kandil harian pagi pada keseluruhan aset kripto.

Perusahaan lending kripto BlockFi, diberitakan memiliki aset senilai $1,2 milliar atau sekitar Rp18 triliun yang tertahan di FTX dan Alameda Research. Informasi tersebut didapat dari dokumen keuangan yang bocor pada 24 Januari 2023.

Bocornya laporan keuangan itu terjadi karena penasihat komite kreditur BlockFi, M3 Partners, yang juga selaku firma hukum yang mewakili klien eks kreditur BlockFi, tidak sengaja mengupload dokumen tersebut ke internet.

Aksi peretasan kembali marak. Twitter Robinhood dikabarkan diretas dan digunakan untuk mempromosikan token palsu serta penjualan NFT di Binance Smart Chain (BSC) melalui bursa terdesentralisasi (DEX) PancakeSwap. Kejadian itu terjadi pada Rabu, 25 Januari 2023.

Indeks Harga Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) akan diumumkan hari ini, 26 Januari 2023, pukul 20.30 WIB. Berdasarkan data dari investing.com, PDB AS diperkirakan turun 0,6%, dari level 3,2% ke 2,6%.

Bitcoin berhasil ditutup hijau, naik sebesar 1,87% setelah penurunan harga tertahan support terdekat. Hal serupa terjadi pada ETH yang berhasil rebound dengan kenaikan sebesar 3,60%, dan BNB mencatatkan kenaikan sebesar 2,20%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Aptos (APT) dan Optimism (OP) kembali curri panggung pada penutupan kandil harian pagi ini. APT ditutup hijau, naik sebesar 48,94%, sedangkan OP mengalami kenaikan sebesar 19,24%.

Total kapitalisasi pasar kripto masih terlihat konsisten untuk bergerak di atas 200-day exponential moving average (EMA). Kandil harian total kapitalisasi pasar kripto naik 2,47%, ditutup pada level $1,001 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,026 triliun, dan titik terendah berada pada level $960,74 miliar.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Kenaikan harga pagi ini membawa angin segar kepada pelaku pasar, dan berimbas pada meningkatnya sentimen positif pasar kripto. Fear and greed index naik tiga poin, ditutup pada level 54, dengan kategori Neutral.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan DOGE berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin berhasil rebound setelah mengalami penurunan harga. Kandil harian Bitcoin ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 1,87%.

Volume perdagangan ditutup tinggi, berada di atas 20-day moving average (MA), mengindikasikan adanya aksi beli yang masif.

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $23.057, level tertinggi berada pada harga $23.816, dan level terendah berada pada harga $22.300.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin mengalami penurunan harga, tetapi berhasil ditahan oleh support terdekatnya pada level $22.488.

Harga Bitcoin kembali naik setelah laju penurunan menyentuh titik tersebut. Kenaikan harga Bitcoin tersebut berhasil menciptakan higher high baru.

Jika aksi beli masih tinggi, maka pergerakan harga Bitcoin berpotensi untuk melanjutkan penguatan dengan target berada pada area supply di level $23.888-$25.198.

ETH/USDT 1D Binance

Pergerakan harga ETH kembali bounce setelah laju turun tertahan titik support. Kandil harian ETH ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 3,60%. Volume perdagangan ditutup pada 20-day MA.

Tekanan beli mulai meningkat, hal tersebut terlihat dari relative strength index (RSI) perlahan bergerak naik menuju area overbought.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.611, level tertinggi berada pada harga $1.641, dan level terendah berada pada harga $1.518.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Harmonic support pada level $1.537 masih menjadi tahanan yang cukup solid untuk membalikan arah harga dari turun menjadi kembali naik.

Pergerakan harga ETH kembali bounce setelah penurunan menyentuh titik support tersebut. Kenaikan harga ETH berpotensi kembali menyetuh resistance pada 20 Januari di level $1.663.

Breakout terhadap resistance terdekatnya tersebut menjadi kunci untuk kembali menarik sentimen positif pasar dan mendorong adanya kenaikan harga lebih lanjut.

BNB/USDT 1D Binance

Bitcoin kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 2,20%, setelah mengalami volatilitas tinggi pada periode 24-25 Januari. Volume perdagangan ditutup rendah, dibawah 20-day MA.

Daily candle BNB ditutup pada harga $306,9, level tertinggi berada pada harga $314, dan level terendah berada pada harga $293,4.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga BNB tertahan support solid yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 September di level $298,6.

Pergerakan harga BNB kembali naik setelah penurunan harga menyentuh titik support tersebut. Harmonic resistance pada level $307,8 merupakan penghalang yang harus dilewati untuk kembali bergerak naik lebih tinggi.

Apabila pergerakan harga BNB berhasil breakout dan didukung dengan volume perdagangan tinggi, kemungkinan harga BNB akan kembali menyentuh harga tertinggi pada 25 Mei 2022 di level $337,9.

DOGE/USDT 1D Binance

DOGE masih bertahan bergerak diatas 20-day EMA. Kandil harian DOGE ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 3,12%. Naiknya harga tersebut tidak didukung oleh volume perdagangan yang mumpuni, berada dibawha 20-day MA.

Daily candle DOGE pagi ini ditutup pada harga $0,08654, level tertinggi berada pada harga $0,08818, dan level terendah berada pada harga $0,08165.

DOGE/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga DOGE berhasil ditahan dinamis support pada 20-day EMA di level $0,08298, dan kembali bergerakn diatas 200-day EMA.

Pergerakan harga DOGE kemungkinan masih mengejar harga tertinggi pada penutupan kandil harian 22 Januari di level $0,09343 sebagai target naik terdekat.

Breakout terhadap resistance tersebut akan membawa harga DOGE terbang lebih jauh. Apabila berhasil breakout, target naik selanjutnya berada pada area level $0,09663-$0,1016.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.