Waspada Penipuan “Giveaway DOGE Elon Musk” di Website snl-doge[dot]org

Perubahan:

Website snl-doge[dot]org hilang tak lama sejak berita ini ditayangkan lalu berganti domain menjadi dogecoin-event[dot]net

Portalkripto.com– Di tengah euforia pasar crypto dengan lonjakan harga Dogecoin (DOGE) yang terus menanjak terdapat sejumlah informasi sesat yang malah bakal merugikan. 

Pada sebuah tayangan di channel Youtube dengan nama SNL-News disiarkan sebuah tayangan langsung (live) yang seolah-olah Elon Musk sedang mengumumkan dirinya akan bagi-bagi giveaway DOGE sejumlah 500 juta. Video tersebut tayang pada pukul 02.00 WIB dini hari, Minggu, 9 Mei 2021.

Padahal tayangan tersebut merupakan repro dari channel Nasa yang menyiarkan press conference atau launching dari proyek Nasa dan SpaceX yang akan terbang ke Mars. Video aslinya tayang pada 23 April 2021 melalui channel resmi Nasa.

Video palsu tersebut sangat berbahaya. Pada video tersebut dipasang sebuah banner yang menyebutkan Elon Musk akan membagikan 500 juta Doge. Lebih gawatnya lagi, tayangan tersebut mengarahkan penonton untuk mengunjungi situs palsu snl-doge.org untuk melakukan transaksi untuk mendapatkan koin DOGE.

Dalam keterangan situs tersebut, untuk mendapatkan giveaway Doge, pengunjung harus terlebih dahulu mengirim 10 ribu Doge, untuk setelahnya mendapat satu kali lipatnya.

 

Event Saturday Night Live memang akan ditayngkan di channel youtube SNL. Dan pekan ini, Elon Musk diundang sebagai bintang tamu. Namun, yang jelas di acara tersebut Elon hanya mengumumkan bahwa kemungkinan ia akan membahas DOGE. Tidak lebih dari itu.

Bagi para pembaca Portalkripto.com, jangan sampai terjerumus pada iming-iming apapun yang mengatasnamakan cryptocurrency. Sebelum bertindak lakukan cek dan ricek sedalam mungkin.