Ada Apa dengan LUNA?

Share :

Portalkripto.comToken native jaringan Terra, LUNA, terperosok sangat dalam pada perdagangan Selasa, 10 Mei 2022. Harga LUNA diperdagangkan di bawah $ 30 bahkan, sempat menyentuh $ 24, harga terendahnya sejak September 2021.Β 

Penurunan harga LUNA ini sangat terpengaruh oleh faktor peg atau berkurangnya nilai dari stablecoin asli jaringan Terra, UST. Stablecoin terbesar ketiga berdasarkan kapitalisasi pasar, ini turun ke level $0,69 pada perdagangan Senin, terendah sepanjang masa menurut data CoinMarketCap.

Dalam mekanisme algoritmik stablecoin UST, Luna Foundation Guard menjadikan LUNA sebagai penopang sebagian besar nilai UST. Hal inilah yang menjadikan harga LUNA sangat terpengaruh oleh penurunan UST yang sangat dramatis di pekan ini.Β 

Pada saat laporan ini ditulis, harga UST sempat menyentuh $0,78 dengan kapitalisasi pasar $14,1 miliar. Hal ini menyebabkan likuidasi besar-besaran pada LUNA di posisi leverage, hingga menurunkan kapitalisasi pasarnya menjadi $ 12,3 miliar.

http://

Dikutip dari Cointelegraph, jika kapitalisasi pasar LUNA lebih rendah dari UST, ada kemungkinan dana dalam proyek Terra tidak cukup untuk mendukung nilai stablecoin algoritmik dan mempertahankan pasaknya dengan benar.


Jelajahi Artikel Lain:

Pasar NFT Diprediksi Tumbuh 35 Persen ke Angka $13,6 Miliar pada 2027

Luna Foundation Guard Gelontorkan $1,5 Milyar untuk Perkuat UST


Fenomena ini mengundang perhatian yang cukup besar dari komunitas crypto. Mereka dengan cukup ekstra terus memantau pergerakan di seluruh jaringan Terra.Β 

Langkah LFG

Luna Foundation Guard (LFG) merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk memastikan UST mempertahankan pasaknya terhadap dolar. Sejak kemarin mereka telah mengendalikan kehancuran iniΒ  untuk mencoba mengurangi kerugian lebih lanjut dan mengembalikan stablecoin ke $1,00.

Salah satu, strateginya dengan memperoleh Bitcoin ( BTC ) untuk menjaminkan UST belum berdampak positif dalam menghadapi beberapa faktor. Sejak 7 Mei 2022, tercatat seekor paus (whale) mulai membuang UST senilai $285 juta menyebabkan stablecoin turun menjadi $0,98 dan LUNA turun ke level terendah tiga bulan sebesar $61.

Kurang berhasil menggunakan cara tersebut,Β  LFGΒ  lalu mengerahkan BTC senilai $1,5 miliar pada 9 Mei sebagai sarana untuk menambahkan likuiditas yang sangat dibutuhkan ke ekosistem. LFG meminjamkan koin ke perusahaan perdagangan β€œuntuk melindungi pasak UST” dan 750 juta token UST untuk mengakumulasi BTC.

LFG memiliki sekitar 167.081 BTC senilai sekitar $3,5 miliar pada 5 Mei, ketika mengumumkan telah memperoleh 37.863 koin tambahan.

Namun, langkah ini pun nampak tidak berhasil. UST dan LUNA malah terperosok leboh dalam. UST jatuh ke harga terendah sepanjang masa ke level $0,78 sedangkan LUNA tergelincir ke harga $ 24.

Sebelumnya, Pendiri Terra, Do Kwon, membuat sebuah cuitan yang berbunyi bahwa pihaknya akan lebih menambal modal untuk menstabilkan harga UST.Β 

http://

Setelah twit tersebut, Cointelegraph melaporkan Selasa bahwa LFG memindahkan 42.500 koin ke berbagai tujuan, termasuk pertukaran kripto OKX. Sejak itu belum ada kabar dari Kwon.