Alibaba akan Berhenti Menjual Mesin Penambangan Crypto

Portalkripto.com-Raksasa e-commerce Alibaba mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka akan berhenti menjual peralatan penambangan khusus pada platformnya pada 8 Oktober.

Alibaba mengatakan keputusannya sebagai tanggapan terhadap surat edaran kebijakan People’s Bank of China terbaru tentang perdagangan crypto serta surat edaran 2017.

Pemberitahuan ditandatangani oleh beberapa regulator keuangan top China dan diterbitkan pada hari Jumat, melarang semua kegiatan terkait perdagangan-kripto di negara China.

Tetapi perusahaan mengatakan itu juga mempertimbangkan “ketidakstabilan hukum dan peraturan” pada crypto di seluruh dunia.
Alibaba akan menutup dua kategori: “Aksesoris Penambang Blockchain” dan “Penambang Blockchain.”

LIHAT JUGA: Investasi Kripto Institusional Malah Meningkat Setelah Serangan FUD China

Raksasa e-commerce itu mengatakan bahwa selain larangan rig penambangan dan aksesori terkait, ia juga mengejar larangan penjualan cryptocurrency seperti “Bitcoin, Litecoin, BeaoCoin, QuarkCoin, dan Ethereum.”

Setiap pedagang yang mencantumkan produk tersebut di platformnya setelah 15 Oktober akan menghadapi hukuman. Alibaba mengoperasikan beberapa platform di China, termasuk Taobao dan pasar barang bekas Xianyu. Tetapi juga merupakan kelompok di balik platform belanja online internasional seperti Aliexpress dan Lazada Asia Tenggara.

Tindakan keras China terhadap penambangan dan perdagangan crypto dimulai pada Mei setelah pernyataan Dewan Negara, tetapi sebagian besar diserahkan kepada otoritas provinsi dan kota, tanpa rencana kebijakan komprehensif yang tersedia untuk umum.

Pedoman kebijakan hari Jumat tersebut tidak meninggalkan ruang untuk interpretasi, mereka melarang semua transaksi kripto dan mengklarifikasi bahwa penambangan harus dihilangkan.

PENULIS: GALIH MUHAMAD/PORTALKRIPTO.COM