Analisa On-Chain: Miners Position Index (MPI) Melonjak Tinggi, Penambang Bitcoin Mulai Bergerak?

Share :

Portalkripto.com — Melambungnya harga pada keseluruhan aset kripto berhasil memicu sentimen positif pelaku industri di dalamnya.

Harga Bitcoin mengalami kenaikan yang tinggi, sebesar 21,86% dalam sepekan. Hal tersebut menjadi sentimen posiitf bagi kapitalisasi Bitcoin, yang berhasil ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 22,01%, ditutup pada level $402,335 miliar. Level tertinggi berada pada $411,572 miliar, dan level terendah berada pada $329,428 miliar.

Sebagian besar penambang Bitcoin dilaporkan telah menjual hampir seluruh Bitcoin yang mereka tambang sepanjang 2022. Laporan yang diterbitkan oleh Coinbase Institusional dengan judul ‘2023 Crypto Market Outlook‘, mengungkapkan ada 40.300 dari 40.700 BTC yang dijual pada periode 1 Januari hingga 30 November.

Momen ‘mini bullish’ saat ini menjadi angin segar untuk pelaku pasar kripto, khususnya bagi yang melakukan pembelian pada area harga $20K-$21K. Selain itu, hal positif tersebut juga dirasakan oleh para penambang Bitcoin.

Kenaikan signifikan pada Bitcoin menjadi pemicu adanya peningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh wallet terafiliasi sebagai penambang.

MPI Melonjak Tinggi

Miners Index Position (MPI) adalah rasio total arus keluar (outflow) penambang terhadap rata-rata pergerakan satu tahun dari total outflow.

Kenaikan harga Bitcoin pada penutupan kandil harian 14 Januari menjadi pemicu meningkatannya rasio MPI. Berdasarkan data Cryptoquant, kenaikan MPI menyentuh level 3,96.

Bitcoin Miners Position Index (MPI) by: Cryptoquant.

Kondisi tersebut menjadi yang tertinggi kedua dalam satu tahun terakhir, setelah peningkatan MPI pada 1 April 2022, yang berada pada level 7,06.

Tingginya MPI tersebut didukung oleh outflow yang tinggi. Pada 14 Januari, tercatat sebanyak 4.983 BTC keluar dari dompetyang terafiliasi sebagai penambang.

Bitcoin Miner Outflow by: Cryptoquant.

Meningkatnya MPI dan Outflow penambang menunjukan bahwa penambang mengirimkan Bitcoin lebih banyak dari biasanya, yang mengindikasikan kemungkinan adanya aksi jual.