Analisis Harga BTC, ETH, dan Pasar Kripto Selama Sepekan

Share :

Portalkripto.comBitcoin (BTC) masih dipengaruhi kekhawatiran investor terkait data inflasi konsumen Amerika Serikat (AS) yang akan dirilis pada 13 Juli. Sejumlah analis memprediksi consumer price index (CPI) pada Juni ini akan lebih tinggi dari pada CPI pada Mei lalu yang berada di level 8,6%.

Ketidakpastian makro juga disebabkan oleh pergolakan yang terjadi di Sri Lanka. Bangkrutnya negara tersebut menimbulkan ancaman global seperti krisis keuangan, energi, dan pangan.

Sementara Ethereum (ETH) yang tengah melakukan langkah transisi ke jaringan proof-of-stake (PoS), sempat naik ke level $1.280 pada 8 Juli lalu, setelah testnet Sepolia berhasil dilakukan. Namun, harganya kembali turun hingga mencapai level terendah harian.

Berikut analisis pergerakan harga BTC, ETH, Bitcoin Dominance. dan total Market Cap Crypto berdasarkan closed candle (weekly) dari analis Portalkripto.com, Arli Fauzy.

BTC/USDT 1W Binance

Penutupan weekly candle Bitcoin pagi ini berada pada harga $20,862, dengan level tertinggi berada pada harga $22,527, sedangkan level terendah berada pada harga $19,055. Pergerakan mingguan kali ini ditutup lebih tinggi dari minggu sebelumnya yang berada pada harga $19,315.

Sementara itu, volume perdagangan ditutup di atas MA20 dengan kapitalisasi sebesar $1.112 juta pada spot market Binance. Hal tersebut menjadi indikasi yang baik bagi pergerakan harga Bitcoin.

Saat ini pergerakan harga Bitcoin berada pada demand area dan cenderung sideways setelah penurunan yang kuat dari tanggal 28 Maret 2022 hingga 13 Juni 2022.

All time high (ATH) Bitcoin di Desember 2017 yang berada pada harga $19,588 masih menjadi support yang solid untuk saat ini. RSI (Relative Strength Index) masih berada di area oversold pada level 28.60. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa pergerakan harga Bitcoin sedang berada pada fase akumulasi.

Dengan penutupan candle mingguan yang positif dan didukung dengan kenaikan volume yang cukup signifikan, bukan tidak mungkin bahwa pergerakan harga Bitcoin pekan ini bisa memasuki area $23,331-$25,043.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Nilai Transkasi Aset Kripto Indonesia Sentuh Rp 192 Triliun di Q1 2022

Trio Eksekutif JP Morgan Resign, Pindah ke Perusahaan Kripto


ETH/USDT 1W Binance

Sama hal nya seperti Bitcoin, penutupan candle weekly ETH ditutup positif pada harga $1,168, lebih tinggi dari penutupan dari minggu sebelumnya pada harga $1,074.

Pada penutupan Candle Weekly ETH pagi ini, level tertinggi pergerakan harga ETH berada pada harga $1,276 dan level terendah berada pada harga $1,045.

Volume perdagangan ETH ditutup pada level $7.544M pada Spot Market Binance dan masih berada di atas MA20 yang terbilang masih cukup tinggi, dan RSI masih berada di area oversold pada level 30.

Pergerakan harga ETH terlihat masih sideways pada Demand Area. Support terdekat berada pada harga $1,014, dan resistance terdekat masih berada pada harga $1,272.

Apabila market kembali hijau pekan ini, kemungkinan pergerakan harga ETH akan breakout dari resistance terdekatnya dengan target selanjutnya adalah All Time High (ATH) di Januari 2018 yaitu pada harga $1,427.

Bitcoin Dominance

Dominasi Bitcoin pada pergerakan mingguan ditutup pada level 43.94%, lebih tinggi dari penutupan minggu lalu yang berada pada level 43.26%. Level tertinggi pada penutupan Weekly Candle pagi ini berada pada level 44.43% dan level terendah berada pada level 43.26%.

Kenaikan dominasi pada Bitcoin menjadi indikasi terjadi kenaikan pada kapitalisasi perdagangan Bitcoin secara keseluruhan.

Total Market Cap

Total kapitalisasi perdagangan kripto pada weekly candle ditutup pada level $905.157 miliar, lebih tinggi dari minggu sebelumnya yang berada pada level $851.058 miliar. Level tertinggi pada penutupan weekly candle pagi ini berada pada level $965.047 miliar, dan level terendah berada pada level $837.359 miliar.

Total volume masih berada pada rata-rata MA20 mingguan-nya, dan RSI masih berada di area oversold pada level 29. Dengan total market cap yang masih sideways pada demand area dan RSI masih di bawah level 30.

Hal tersebut menjadi indikasi bahwa total kapitalisasi pasar crypto sedang berada pada fase akumulasi. Support solid masih berada pada level $760.483 miliar, dan Resistance pada demand area berada pada $1.137 triliun.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.