Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, dan BNB, 7 September 2022

Share :

Portalkripto.com — Bitcoin (BTC) mengalami koreksi harga secara tiba-tiba pada Selasa (6/9) kemarin dari $19.820 menjadi $18.960 dalam waktu kurang dari dua jam. Level BTC di $18.674 saat ini adalah yang terendah sejak 13 Juli dan telah terkoreksi 24% dari level $25.000 pada 15 Agustus lalu.

BTC sempat melonjak 2% ke $20.200 pada Selasa (6/9) dini hari. Aksi harga Ether (ETH) bahkan sempat naik 7% dalam 48 jam sebelum akhirnya terkoreksi 5,6%.

Pasar kripto terus mendapat guncangan setelah Ketua The Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan akan terus menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi. Tak hanya itu, permintaan yang tinggi membuat indeks dolar AS terus menguat hingga level 110,55 kemarin, atau yang tertinggi sejak 2002.

Total kapitalisasi pasar kripto juga terus menyusut dan menurut CoinMarketCap saat ini berada di angka $933 miliar. Dominasi Bitcoin juga masih rendah sebesar 38,3%.

Berikut analisis pergerakan harga BTC, ETH, dan BNB selanjutnya berdasarkan candle chart (1D) dari analis Portalkripto, Arli Fauzi.

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin memilih breakdown untuk turun lebih dalam setelah sideways dari akhir Agustus. Kandil harian Bitcoin ditutup merah dengan penurunan yang cukup signifikan sebesar 5,08%. Volume ditutup tinggi, di atas day-20 moving average (MA), terlihat aksi jual masih mendominasi.

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $18.790 , level tertinggi berada pada harga $20.180 dan level terendah berada pada harga $18.649.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Harga Bitcoin terlihat ditutup di bawah support pada level $19.005. Jika pergerakan harga Bitcoin valid breakdown support tersebut, kemungkinan penurunan akan bergerak lebih dalam dengan target berikutnya pada level $17.622 yang merupakan major support Bitcoin sementara pada tahun 2022.


BACA JUGA

Arus Masuk BTC dan ETH ke Exchanges Meningkat, Bandar Siap Jual?

Outlook Bitcoin Bulan September 2022, Beruang Masih Mengintai

Kabar Terra Luna Classic (LUNC) dan Do Kwon Setelah 4 Bulan Fork


Bitcoin Exchange Netflow

Bitcoin exchange netflow pada awal September ditutup positif dengan jumlah yang tinggi, terlihat arus masuk (inflow) masih mendominasi dan lebih tinggi dari arus keluar (outflow). Kondisi tersebut menjadi indikator terhadap aksi jual yang akan dilakukan dan hal tersebut direspons pada penutupan kandil harian pagi ini.

ETH/USDT 1D Binance

Volatilitas harga ETH pada hari kemarin cukup tinggi. Harga ETH sempat floating di atas day-20 exponential moving average (EMA) dan mendekati day-50 EMA sebagai dinamis resistance selanjutnya. Indikasi bullish tersebut harus terpatahkan setelah Bitcoin mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Kandil harian ETH ditutup merah dengan penurunan sebesar 3,63% diikuti dengan volume yang di tutup tinggi berada pada day-20 MA. Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.559 , level tertinggi berada pada harga $1.687 dan level terendah berada pada harga $1.555.

ETH masih terlihat kuat untuk menghadapi efek dari penurunan Bitcoin. Penurunan ETH mendekati support pada harga $1.512.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Peluang untuk bounce dan kembali naik masih terbuka untuk ETH mengingat “The Merge” yang akan dilaksanakan pada September ini masih menjadi fundamental yang cukup kuat.

Tetapi faktor fundamental tersebut bisa menjadi pedang bermata dua karena bisa menyebabkan FOMO (fear of missing out). Sindrom ini berbahaya untuk psikologis trader karena bisa mengakibatkan terbawa suasana yang akhirnya mengesampingkan trading plan dan teknikal yang sudah direncanakan.

Jika harga ETH breakdown dan melanjutkan penurunan, maka support selanjutnya berada pada level $1.424 sebagai tahanan untuk menahan penurunan harga. Resistance pada level $1.722 menjadi target yang akan dicapai apabila harga ETH kembali pullback dan mampu breakout day-20 EMA pada level $1.596 sebagai dinamis resistance.

BNB/USDT 1D Binance

BNB breakdown dari support pada level $274 yang merupakan tahanan penting untuk pergerakan harga. Saat ini harga BNB bergerak turun mendekati bearish trendline. Kandil harian BNB ditutup merah dengan penurunan sebesar 5,20%.

Penurunan tersebut didukung oleh penutupan volume yang ditutup tinggi, di atas day-20 MA dan relative strength index (RSI) yang bergerak mendekati area oversold.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $262,5 , level tertinggi berada pada harga $286,3 dan level terendah berada pada harga $261.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Pergerakan harga BNB tertahan pada descending line dan day-20 EMA sebagai dinamis resistance dan merubahan arah harga menjadi bergerak turun. Target penurunan selanjutnya berada pada level $239,6 yang merupakan tahanan pada 26 Juli.

Apabila harga BNB melanjutkan penurunan dan breakdown, maka tahanan selanjutnya berada pada level $216 yang menjadi support penurunan harga pada 13 Juli.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.