Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, dan BNB, Jelang FOMC Meeting

Share :

Portalkripto.com — The Merge, transisi Ethereum dari mekanisme konsensus proof-of-work ke proof-of-stake masih menjadi berita utama, yang disebut akan mengubah kebijakan moneter dalam jaringan.

Namun, Perusahaan analitik on-chain CryptoQuant menyoroti kenaikan arus keluar Ether (ETH) dari bursa, dengan total $1,87 juta koin pada 22 Juli. Biasanya, arus keluar dari exchange kripto menunjukkan pedagang mungkin memindahkan koin mereka ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu, Bitcoin (BTC) berhasil mencapai titik tertinggi mingguan terbaru pekan lalu di $24.109. Akan tetapi, penutupan mingguan 200-week moving average (MA) Bitcoin tercatat berada di $22,705.

Sentimen lain yang bakal mengubah kondisi pasar kripto adalah rapat Federal Open Market Committee (FOMC). Rapat yang digelar oleh Bank Sentral AS ini rencananya akan diselenggarakn pada 27-28 Juli 2022. Dalam meeting ini akan mengumumkan kebijakan moneternya di tengah inflasi yang menginjak 9,1%.

Tapi, sejumlah analis dan ekonom memperkirakan The Fed tidak bakal terlampau agresif dalam menaikkan suku bunga acuannya. Meskipun pasar harus tetap waspada dengan ancaman resesi. Tingkat inflasi yang semakin agressif  memaksa bank sentral di banyak negara menaikkan suku bunga acuannya

Dengan pelbagai sentimen makro ini akankah momentum bullish berlanjut, atau justru bear market masih mendominasi?

Berikut analisis pergerakan harga BTC, ETH, dan BNB berdasarkan candle chart (1D) dari analis Portalkripto.com, Arli Fauzi.

BTC/USDT

Saat ini harga Bitcoin masih bergerak di bawah pergerakan 20-day exponential moving average (EMA).

Kandil mingguan Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $22.579. Sedangkan, level tertinggi berada pada harga $22.276 dan level terendah berada pada harga $20.762.

Harga Bitcoin perlahan naik sejak menyentuh titik terendah di tahun ini pada level $17.622 yang menjadikan level tersebut major support Bitcoin.

Penutupan pergerakan mingguan pagi ini lebih tinggi dari pekan sebelumnya. Pergerakan ini pun  didukung oleh volume yang tinggi, bahkan merupakan penutupan volume mingguan tertinggi di tahun 2022 dan hampir menyamai volume pada 17 Mei 2021.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Adopsi Aset Kripto Masih Rendah, Diprediksi Capai 1 Miliar Pengguna di 2030

Zipmex Aktifkan Fitur Penarikan Setelah Menjadi Sorotan


Target kenaikan harga Bitcoin akan berada pada level $29.298 yag merupakan harmonic resistance dari ratio 0.382 fibonacci retracement dan dinamic resistance dari 20-day EMA, yang kemungkinan menjadi batas dari korektif wave pada bearish season Bitcoin.

ETH/USDT

Kandil mingguan token native jaringan Ethereum, ETH, pagi ini ditutup pada harga $1.597,70. Level tertinggi ETH pada pekan kemarin berada di harga $1.664,34, sedangkan level terendahnya berada pada harga $1.336,07.

Penutupan kandil mingguan yang ditutup pada Hari Senin, 25 Juli 2022, pukul 08.00 WIB ini mengkonfirmasi pergerakan ETH telah breakout dari demand area.

Pergerakan ETH terlihat bullish setelah muncul isu “The Merge” pada September nanti. Target kenaikan harga ETH saat ini berada pada harga $1.912 dan FOMO (Fear of missing out) pumping akan berada pada harga $2.230-$2.549.

Apabila terjadi koreksi terhadap harga ETH, maka penurunan kemungkinan akan retest demand area yang berada pada harga $1.275. Major support ETH saat ini berada pada harga $881.

BNB/USDT

Pada penutupan kandil mingguan pagi ini, BNB berhasil breakout dari demand area. Pergerakan mingguan BNB  ditutup pada harga $261,4, level tertinggi berada pada harga $274,6 dan level terendah berada pada harga $247,6.

Meskipun pergerakan harga BNB mengalami kenaikan, tetapi tidak didukung dengan volume yang mumpuni. Penutupan volume dalam lima minggu terakhir terlihat masih di bawah day-20 moving average (MA). Relative Strength Index (RSI) perlahan mulai naik dan keluar dari area oversold.

Harga BNB kemungkinan akan mengalami kenaikan hingga mencapai level $289. Apabila dapat mempertahankan kenaikannya, kemungkinan harga BNB akan berada pada level $321-$354. Jika harga BNB mengalami koreksi, maka support pertama akan berada pada level $245.2 dan support kedua berada pada level $204,8.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.