Analisis Teknikal Harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) dan yearn.finance (YFI)

Portalkripto.com–  Secara fundamental Bitcoin diuntungkan dengan adanya kebijakan paket stimulus yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat. Jika para trader dan investor melakukan aksi pembelian terhadap mata uang kripto seperti yang terjadi pada paket stimulus pertama di bulan April 2020, pasar mata uang kripto akan bergairah. 

Faktor fundamental lain yang memberikan angin segar bagi pasar kripto adalah mulai masuknya para investor institusional macam MicroStrategy dan Meitu ke dalam pasar kripto. Kedua perusahaan tersebut baru saja mengumumkan telah mengadopsi mata uang kripto dengan nilai yang cukup besar. 

Jika, aksi Meitu dan MicroStrtegy diikuti oleh perusahaan lain, dapat memicu ketidakseimbangan dalam penawaran dan permintaan yang sangat besar. Hal tersebut bisa mendongkrak harga sejumlah mata uang kripto. 

BACA JUGA: Perusahaan Aplikasi Meitu Beli Bitcoin dan Ethereum Senilai US$ 40 Juta

Lantas, bagaimana trend pasar kripto secara teknikal? Berikut analisis teknikal tiga mata uang kripto BTC, ETH dan YFI.

1.BTC/USDT (time frame 4 jam, di Binance)

Pergerakan Harga Bitcoin (BTC) pada akhir pekan ini cukup volatil (fluktuatif). Pada hari Jumat harga Bitcoin (BTC) menunjukan penurunan hingga menyentuh harga sekitar US$ 46,600, dan pada malam harinya kembali naik hingga menyentuh 49,200.

Terlihat bahwa pada malam ini, Minggu, 7 Maret 2021,  harga Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan dan menyentuh harga US$ 50,600 atau sekitar Rp 700 juta.

Apabila  dilihat secara teknikal, pada saat harga Bitcoin (BTC) menyentuh US$ 50,600 kemungkinan bakal ada koreksi (turun) tipis, tetapi jika pergerakan Bitcoin (BTC) mampu menembus / break dari US$ 50,600, maka kemungkinan harga Bitcoin (BTC) akan terus naik dan mengejar resistance berikutnya yaitu pada harga US$ 52,400.

Resistance terkuat pada 24 jam terakhir  ini berada pada US$ 52,400, jika dilihat dari chart BTC/USDT skala 4 jam, di  market Binance, terlihat bahwa pada 25 Februari 2021 dan 3 Maret 2021 pergerakan Bitcoin (BTC) berusaha untuk break/melewati harga US$ 52,400 namun selalu terjadi rejection yang kuat.

Apakah malam ini harga Bitcoin mampu break dari  US$50,600 dan lanjut ke US$52,400, atau bahkan break resistance terkuatnya dan lanjut terbang tinggi, atau akan terjadi penolakan / rejection pada harga US$50,600 atau US$52,400.

2.ETH/USDT (time frame 4 jam, Binance)

Area Bearish Koreksi nya berada pada :

Harmonic Resistance 1 = 1,576

Harmonic Resistance 2 = 1,663

Harmonic Resistance 3 = 1,751

Apabila harga ETH/USDT break Harmonic Resistance 1 , maka pergerakan harga ETH akan terus bergerak menuju Harmonic Resistance 2, apabila harga ETH sudah mencapai Harmonic Resistance 2, kalian perlu waspada karena Harmonic Resistance 2 ini agak kuat, tidak jarang terjadi koreksi pada titik tersebut, tetapi apabila Harmonic Resistance 2 ini bisa di break, maka pergerakan harga ETH akan terus bergerak mendekati Harmonic Resistance 3, perlu diingat bahwa Harmonic Resistance 3 ini adalah Resistance paling kuat , sering terjadi koreksi pada titik ini, tetapi apabila Harmonic Resistance 3 ini berhasil di break maka itu merupakan pertanda akan terjadi pembalikan arah secara garis besar pada harga ETH. 

Seperti yang kita ketahui kondisi ETH pada saat ini masih termasuk Bearish, apabila pergerakan market harga ETH bisa break Harmonic Resistance 3, yang merupakan Golden Ratio nya , maka kemungkinan trend secara garis besar pada market ETH akan bergerak BULLISH.

3. YFI/USDT (time frame 4 jam, Binance)

Area Bearish Koreksi nya berada pada :

Harmonic Resistance 1 = 35,214

Harmonic Resistance 2 = 37,631

Harmonic Resistance 3 = 40,048

Apabila harga YFI/USDT break Harmonic Resistance 1 , maka pergerakan harga YFI akan terus bergerak menuju Harmonic Resistance 2, apabila harga YFI sudah mencapai Harmonic Resistance 2, kalian perlu waspada karena Harmonic Resistance 2 ini agak kuat, tidak jarang terjadi koreksi pada titik tersebut, tetapi apabila Harmonic Resistance 2 ini bisa di break, maka pergerakan harga YFI akan terus bergerak mendekati Harmonic Resistance 3, perlu diingat bahwa Harmonic Resistance 3 ini adalah Resistance paling kuat , sering terjadi koreksi pada titik ini, tetapi apabila Harmonic Resistance 3 ini berhasil di break maka itu merupakan pertanda akan terjadi pembalikan arah secara garis besar pada harga YFI 

Seperti yang kita ketahui kondisi YFI pada saat ini masih termasuk Bearish, apabila pergerakan market harga YFI bisa break Harmonic Resistance 3, yang merupakan Golden Ratio nya , maka kemungkinan trend secara garis besar pada market YFI akan bergerak BULLISH.

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.