Apa Itu Ethereum Max (EMAX), Token Crypto yang Dipromosikan Kim Kardashian?

Portalkripto.com– Selebirtitas Kim Kardashian pada Senin, 14 Juni 2021, secara mengejutkan mengunggah story di akun Instagramnya yang berisi tentang koin atau token cryptocurrency. Artis dan model kebangsaan Amerika Serikat ini membuat sebuah story yang seperti mempromosikan token crypto Ethereum Max (EMAX) kepada 210 juta pengikutnya. 

Kim termasuk selebritas yang baru berbicara tentang cryptocurrency. Meski, banyak artis kenamaan lainnya seperti Paris Hilton dan Dj Khaled yang  lebih dulu “terjun” di dunia crypto. 

Lebih mengejutkan lagi, Kim mempromosikan sebuah token yang mungkin belum banyak orang yang mendengarnya, yakni Ethereum Max. Dalam storynya tersebut ia mengatakan, bahwa EMAX baru saja dibakar sebanyak 400 triliun koin atau separuh dari total suplaynya. 

Lantas, apa itu Ethereum Max? 

Berdasarkan informasi yang tertera di website resminya, EMAX adalah token ERC-20 yang menggunakan blockchain Ethereum. Token ini hanya memanfaatkan fungsi blockchain Ethereum, bukan bagian dari project khusus blockchain tersebut. 

LIHAT JUGA: Ethereum (ETH) Berada di Buy Area, Take Profit di Harga Berapa?

Meski menggunakan nama yang mirip dengan Ethereum, EMAX tidak berafiliasi dengan pengambang ETH. Ya, mirip seperti token-token atau coin yang menggunakan nama Bitcoin, meskipun tidak berafiliasi dengan koin utamanya secara langsung. 

Berdasarkan data di coinmarketcap, EMAX saat ini berada di peringkat 2612. Token ini baru saja listing di coinmarketcap, sekitar satu bulan yang lalu. Sejak listing di CMC, harga yang diperdagangkan senilai US$0.00000004. 

Hati-hati, Kegunaan dan Fundamental Belum Jelas

Adapun kegunaan dan fundamental token ini belum terlalu jelas. Namun, berdasarkan keterangan di halaman websitenya, token ini bisa digunakan untuk pembelian tiket pertunjukan hiburan, dan kedepannya akan digunakan sebagai alat untuk memperjualbelikan digital aset atau non fungible token (NFT). 

LIHAT JUGA: Bitcoin Dominan Terus Naik, Jangan Membabi Buta di Alts Coin!

Kendati telah dipromosikan oleh selebritas seperti Kim Kardashian, bukan berarti token ini menjanjikan. Melihat dari tampilan websitenya, nampaknya token terkesan memaksakan untuk segera dikenalkan ke publik. 

Pertama, di halaman situs resminya, informasi yang disediakan tidak lengkap dan komprehensif. Tidak ada litepaper atau white paper yang menjelaskan secara ilmiah bagaimana proyek ini berjalan dan difungsikan. 

Kedua, di halaman resminya tidak dicantumkan tim pengembang token ini. Hal ini menjadi hal yang patut diragukan. Kita jangan sampai membeli kucing dalam karung.

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.