Bitcoin Nyaris Pullback, Harga $ 49 ribu Adalah Kunci Untuk Lanjutkan Tren Positif

harga bitcoin

Portalkripto.com– Harga Bitcoin menunjukan pergerakan positif di perdagangan, Selasa, 21 Desember 2021. Bitcoin pullback ke titik support terakhir di 16 Desember 2021, di harga $ 48,689. 

Saat ini Bitcoin sedang berada dalam fase akumulasi. Di mana para whales masih terus membeli BTC di harga di bawah $ 49 ribu. Pergerakan ini bisa saja menjadi momen uptrend BTC apabila tidak ada sentimen negatif yang membuat pasar kembali risau. 

Berdasarkan rata-rata pergerakan simple moving average (SMA) 200-hari BTC berada di level $47.130. Level ini bertahan  selama beberapa hari terakhir, dan belum mampu mendorong ke harga di atas rata-rata pergerakan eksponensial (EMA) 20-hari, yakni di level $49.622. 

Pergerakan BTC saat ini tinggal menunggu momentum penembusan harga di atas $49.622. Namun, apabila kembali tertolak di harga $ 49 ribu, tren negatif akan terus berlangsung. 

LIHAT JUGA: Dua Alasan Solana akan Menjadi Aset Paling Diperhitungkan di 2022

Analis portalkripto.com Arly Fauzi mengatakan, saat ini BTC telah menyentuh Harmonic Resistance ratio 0.5 Fibonacci pada minor trend nya. Jika mampu breakout di harga $49,43, BTC akan terus mengejar harga di atas $ 52 ribu. 

“BTC pada time frame 1D baru sampai ke Harmonic Resistance ratio 0.5 Fibonacci nya, kalau mau pullback harus breakout di ratio 0.618 di harga $49,431, dan tentu kita harus memperhatikan volume, karena breakout yang valid itu ketika dibarengi oleh volume yang tiggi,” kata Arly.

Whale Masih Melakukan Akumulasi

Sementara itu, meski BTC masih belum mampu menyentuh $ 50 ribu dalam beberapa pekan terakhir, namun data on-chain menunjukan adanya akumulasi yang cukup tinggi disaat penurunan. Berdasarkan laporan Glassnode, akumulasi pasar sedang terjadi meski didominasi oleh investor ritel.

Laporan tersebut menyebutkan, bahwa koin BTC yang ditahan pada rentang 3-6 bulan sangat likuid. Ini menjadi salah satu faktor penurunan harga BTC saat ini. Namun, pemegang jangka panjang justru masih menahan aset mereka. 

LIHAT JUGA: Tiga Altcoin Platform Smart Contract yang akan Moncer di 2022

Berdasarkan data rich list dari situs bitinfocharts.com, paus teratas BTC malah terus mengakumulasi aset mereka saat Bitcoin berada di harga $46-47 ribu. Terdapat dua paus atau whales yang menambah aset BTC mereka sebanyak lebih dari 600 keping. Salah satunya adalah pemegang Bitcoin teratas yang memilki 1,4% pasokan. Whale tersebut pada tanggal 20 Desember 2021 baru saja menambah 641 BTC.

PENULIS; IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM