Bitcoin Sentuh US$ 40 Ribu, Ini Faktor yang Sebabkan Harganya Kembali Turun

bitcoin juni 2021 harga

Portalkripto.com– Harga Bitcoin kembali menunjukan tren positif selama 7 hari terakhir. Saat ini, Jumat, 30 Juli 2021, Bitcoin kembali diperdagangkan di harga US$ 40 ribu atau sekitar Rp 577 juta. Bitcoin mengalami kenaikan sebesar 23% selama 7 hari terakhir.

Kenaikan harga Bitcoin ini pun mendorong sejumlah alts coin seperti Ethereum (ETH) dan XRP ikut melaju di tren positif selama 7 hari terakhir. ETH mengalami peningkatan 17,65% dalam seminggu terakhir, sedangkan XRP naik 26% dalam rentang waktu yang sama.

Sejumlah analis menilai kenaikan harga BTC ini tak lepas dari sejumlah rumor yang melibatkan perusahaan besar seperti Amazon yang digosipkan bakal menerima pembayaran menggunakan Bitcoin. Meskipun, rumor tersebut dibantah Amazon, namun reaksi pasar tetap positif.

LIHAT JUGA:  Amazon Bantah akan Gunakan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Selain itu, secara teknikal, kenaikan harga BTC di pekan ini dipicu oleh aksi paus yang memborong BTC saat harganya di bawah US$ 36 ribu. Berdasarkan data dari Santiment, platform analisis on-chain dan perilaku, dompet paus telah mengumpulkan 130.000 BTC dalam empat minggu terakhir disaat harga Bitcoin diperdagangkan di bawah US$35.000.

Dengan fenomena tersebut, dikhawatirkan paus akan kembali mengatur penurunan harga lagi disaat BItcoin tengah resisten ke harga US$ 40 ribu. Apabila hal tersebut terjadi, paus mengakumulasi modalnya di BTC, harga koin tersebut bisa saja kembali turun ke level US$ 38-30 ribu.

Sementara itu, beberapa analis memperkirakan Bitcoin akan tetap berada pada kisaran reli saat ini, US$ 30-40 ribu.  

“Perasaan kami adalah bahwa pasar akan terus mencari untuk berdagang dalam kisaran $30K-$40K ini dalam waktu dekat,” tulis QCP Capital dalam obrolan Telegram dengan Coindesk. “Menjelang berakhirnya akhir bulan hari Jumat, kami memperkirakan $40K-$42K akan bertahan saat minat terbuka memuncak di sini.”