Bitcoin Terseok-seok di Zona Koreksi, Bagaimana Pergerakan Selanjutnya?

Portalkripto.com- Pada tanggal 10-11 Mei 2021 ini kita dikejutkan dengan pergerakan harga Bitcoin (BTC) yang mengalami koreksi cukup dalam, yaitu sebesar 9.78% . Sebetulnya apabila kita melakukan analisa secara teknikal, ada indikasi yang menjadikan harga BTC akan mengalami koreksi.

Diantaranya, pada saat harga BTC memasuki supply-areanya dan pergerakan harga BTC mengalami rejection, dalam artian pergerakan harga BTC tidak mampu untuk menembus (breakout) supply area nya.

Terlihat pada tanggal 8-9 Mei, pergerakan harga BTC mencoba untuk menembus area supply-nya, tetapi mengalami penolakan atau rejection hingga kembali mengalami koreksi. Setelah itu, pada tanggal 10 Mei, pergerakan harga BTC kembali mencoba untuk menembus supply-area-nya, dan hasilnya masih mengalami penolakan atau rejection, sehingga harga BTC kembali koreksi. 

Ada yang berbeda pada penolakan atau rejection yang kedua, karena setelah terjadi rejection, harga BTC terkoreksi cukup dalam yaitu hingga turun 9.78% .

Penurunan harga BTC pada 11 Mei 2021, sempat menyentuh major koreksi nya pada ratio fibonacci retracement ratio 0.382 yaitu pada harga US$53,705 , walaupun kembali pullback dan hanya membentuk shadow candle yang cukup panjang.

LIHAT JUGA: Ethereum (ETH) Kembali Injak All Time High, Di Harga Berapa Puncaknya?

Walaupun pada saat article ini dibuat tepatnya pada tanggal 12 Mei 2021, pukul 00.42 WIB, pergerakan harga BTC mencoba untuk pullback. Ada beberapa area minor koreksi dari fibonacci retracement yang harus diperhatikan, yaitu pada ratio 0.382 (US$55,712) ,0.5 (US$56,405), dan 0.618 (US$57,098). 

Pada saat ini pergerakan harga BTC sudah sampai pada minor koreksi area 0.5 nya. Pada titik ini ada kemungkinan harga BTC kembali koreksi atau melanjutkan kenaikan harganya hingga menyentuh area 0.618 pada harga US$57,098. 

Apabila pada area ratio 0.5 atau pada ratio 0.618 ini harga BTC kembali koreksi, kemungkinan pergerakan BTC akan kembali pada major koreksi ratio 0.382 nya pada harga US$53,705.

Tetapi apabila pergerakan harga BTC dapat menembus minor koreksi pada ratio 0.618 yaitu pada harga 57,098, maka kemungkinan pergerakan harga BTC akan kembali naik dan mengejar resistance terdekatnya pada harga US$57,913 dan bahkan bisa memasuki area supply nya lagi pada area harga US$58,192-US$58,891.[] Penulis: Arly Fauzi/Portalkripto.com

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.