CNN akan Merilis Berita Bersejarah Mereka Sebagai NFT

Portalkripto.com– Kantor berita CNN akan merilis berita bersejarah yang pernah mereka buat sebagai non fungible token (NFT). CNN mengikuti jejak TIME dan FOX yang menjadikan berita penting mereka sebagai NFT yang bisa dikoleksi oleh siapapun.

Proyek NFT CNN ini dijuluki “Vault by CNN: Moments That Changed Us”. NFT ini akan dicetak pada blockchain Flow yang menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake yang hemat energi. Flow juga merupakan rumah bagi NBA Top Shot, yang sukses menjual NFT olahraga ikonik.

Untuk membeli NFT, pengguna harus mendaftar ke brankas CNN, tempat mereka akan menyimpan momen mereka. 

LIHAT JUGA: VIDY Terlibat NFT Market Binance 24 Juni, Cocok Beli di Harga Berapa?

Dalam proyek ini, CNN telah bermitra dengan perusahaan pembingkaian video Infinite Objects sehingga pengguna akan memiliki opsi untuk merender NFT mereka ke layar dan menampilkannya secara fisik secara offline. 

Menariknya arsip online CNN telah menawarkan 700.000 jam konten berita yang sudah dapat dibeli dan diunduh tanpa memberikan ‘kepemilikan’.

Meskipun mengedepankan kepemilikan sebagai proposisi nilai NFT, mereka mencatat bahwa “CNN mempertahankan hak cipta dan kepemilikan atas konten.”

Pasar NFT kini tak hanya dipenuhi oleh kreator yang menciptakan karya seni seperti seni grafis, music, dan lukisan digital. Namun, di tahun 2021 ini semakin banyak outlet berita dan organisasi media juga memasuki pasar NFT.

LIHAT JUGA: NFT Kian Diminati, Kuartal Pertama 2021 Mendominasi Industri Cryptocurrency

Sebelumnya, Fox Corp mengumumkan tentang dana kreatif $100 juta untuk pembuatan konten NFT kemarin untuk menemani acara tv animasinya.

Setelah itu, pada akhir Maret, Time Magazine memasuki pasar dengan tiga sampul majalah tokenized di SuperRare, dengan “TIME Space Exploration — 19 Januari 1959” menghasilkan penjualan terbesar 135 Ether (ETH) senilai sekitar $318.000 dengan harga hari ini.

Sejak itu, Time telah merilis tujuh NFT lain yang menggambarkan sampul majalah, dengan “TIME First Issue — 3 Maret 1923” menghasilkan 120 ETH senilai sekitar $283.000 pada bulan Juni.