Coinbase Luncurkan NFT Marketplace, Calon Pengguna Sudah Jutaan

Share :

Portalkripto.comExchange kripto Coinbase resmi meluncurkan NFT marketplace dengan akses terbatas dalam versi beta. Peluncuran ini digelar enam bulan setelah Coinbase mengumumkan rencana membuat NFT marketplace sendiri.

Pengguna yang sudah ada di dalam daftar tunggu sudah bisa dimasukkan ke dalam marketplace. Calon pengguna NFT marketplace ini sudah mencapai jutaan sejak daftar tunggu dibuka Oktober lalu.

Marketplace untuk transaksi peer-to-peer ini diluncurkan bagi NFT yang dicetak di Ethereum. Seluruh NFT yang dijual di blockchain Ethereum bisa dicari di marketplace tersebut.

Meski demikian, Coinbase mengatakan pihaknya berencana untuk menambah dukungan dari blockchain lain dalam waktu dekat.

LIHAT JUGA: Menakar Kekhawatiran IMF atas Melesatnya Aset Kripto di Negara Berkembang

Di awal peluncurannya, Coinbase NFT marketplace tidak akan membebankan biaya transaksi tambahan kepada pengguna. Pengguna hanya perlu mengeluarkan gas fee sesuai standar.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, marketplace ini akan mengumumkan biaya transaksi tambahan. Coinbase VP of Product Sanchan Saxena membocorkan bahwa biayanya tidaklah besar.

Saat ini Coinbase NFT marketplace hanya dapat digunakan oleh pemilik Coinbase Wallet, dan MetaMask, serta wallet yang terhubung dengan protokol WalletConnect.

Dengan demikian, pengguna harus bertanggung jawab penuh atas aset pribadi yang disimpan di dalam walletnya masing-masing, yang terhubung dengan marketplace lain, exchange, dan decentralized applications (Dapps).

LIHAT JUGA: Moonbirds Jadi NFT Terlaris Usai Raup $290 Juta dalam Empat Hari

Namun, di masa depan Coinbase NFT marketplace berencana untuk meluncurkan layanan penyimpanan NFT dan mengizinkan pengguna untuk membeli NFT dengan akun Coinbase atau kartu kredit.

Menariknya, NFT marketplace ini tidak hanya fokus pada perdagangan NFT, tetapi juga memberikan ruang untuk interaksi sosial. Seperti media sosial Instagram, pengguna bisa saling follow dan memberikan komentar dengan pengguna lainnya.

NFT merupakan aset digital berbasis blockchain termasuk karya seni, gambar, dan benda video games. Pasar NFT melonjak dengan volume perdagangan $25 miliar pada 2021 dengan OpenSea sebagai marketplace utamanya.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.