CZ Sebut Binance Bakal Tambah Ribuan Pekerja di 2023

Share :

Portalkripto.com — Bursa kripto terbesar di dunia, Binance, dilaporkan bakal menambah ribuan pekerja baru sepanjang tahun 2023. Chief Executive Officer (CEO) Binance, Changpeng Zhao mengklaim jumlah penambahan karyawan Binance mencapai antara 15%-30%.

“Kami akan terus membangun dan mudah-mudahan kami akan meningkat lagi sebelum pasar bull berikutnya,” kata Zhao, 11 Januari 2023, di sebuah konferensi kripto di Swis, dikutip dari CNBC.

Gelombang pekerja itu akan menambah ribuan karyawan anyar di Binance. Sepanjang tahun lalu, CZ mengklaim Binance telah menambah jumlah karyawan dua kali lipat dari 3.000-an hingga nyaris mencapai 8.000-an.

Seiring penambahan karyawan, CZ juga berupaya agar operasi bisnis Binance dapat berjalan lebih efisien. Ia menyebut kondisi Binance saat ini belum terlalu efisien dan sedang menggiring bursa tersebut agar lebih terorganisir.

Kondisi yang dialami Binance ini berbanding terbalik dengan nestapa yang menerpa sejumlah bursa lainnya. Belum lama ini, Coinbase mengumumkan bahwa mereka akan memecat 950 karyawan lagi setelah sebelumnya memecat sekitar 18% pada bulan Juni 2022.

Sebelumnya, Kraken mengumumkan bakal mengurangi jumlah karyawannya sebesar 30% pada bulan November lalu. Lalu, ada Huobi yang dilaporkan merencanakan pemangkasan pekerja sebesar 20%.

Dominasi dan Ekspansi Binance

Binance sendiri terus menunjukkan dominasinya sebagai bursa kripto dengan volume perdagangan terbesar di dunia saat ini. Dominasi Binance ini semakin kuat setelah salah satu pesaing utama mereka, FTX, bangkrut pada November 2022.

Berdasarkan laporan Arcane Research yang dirilis 3 Januari 2023, Binance dilaporkan menguasai 92% volume perdagangan spot Bitcoin per akhir 2022. Padahal, market share Binance pada awal 2022 hanya 45%.

Berdasarkan indeks The Block, exchange yang berkantor di Dubai dan Paris ini menguasai 75℅ nilai transaksi kripto di exchange secara global pada November 2022. Pada Desember, nilai transaksi kripto di Binance mencapai $278,11 miliar dari total $319,09 di seluruh exchange.

Grafik volume bursa perdagangan kripto 12 bulan terakhir (Sumber: The Block).

Walau sudah sangat dominan, Binance nampaknya masih belum puas dan akan terus melakukan ekspansi usaha mereka. Baru-baru ini, perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh izin dari regulator Swedia untuk menjalankan bursa kripto di negara tersebut.

Kabar penaklukkan Swedia ini menambah panjang daftar operasi Binance di Eropa. Sebelumnya Binance sudah mendapat persetujuan dari enam negara anggota Uni Eropa lainnya, yakni Prancis, Italia, Lithuania, Spanyol, Siprus, dan Polandia.