DeFi dan NFT Masih akan Moncer di Tahun 2022, Apa Saja Proyek yang Bagus?

Portalkripto.com– Tahun 2022 baru berjalan sekitar tiga hari. Meski pasar crypto sedang lesu di awal tahun ini dengan performa Bitcoin yang masih berada di level $46-47 ribu, namun potensi aset kripto diharapkan masih akan terus berkembang di tahun ini. 

Decentralization Financial atau DeFi dan Non Fungible Token (NFT) dinilai masih akan menjadi sektor yang menonjol dari ekosistem ini. Di mana perkembangan web 3 dan gameFi yang semakin pesat akan berpengaruh pada dua platform tersebut. 

Belum lagi gaung metaverse yang sudah dimulai sejak pertengahan 2021 pun akan berpengaruh pada sektor DeFi dan NFT. Berdasarkan data Dappradar, tahun 2021 terdapat peningkatan nilai total yang terkunci (TVL) di DeFi sebesar lebih dari 767% dari tahun sebelumnya. 

Sepanjang tahun 2021, TVL DeFi berada di level $189 triliun. DeFi yang berada di jaringan Ethereum masih menguasai industri ini. 

Sementara itu, ekosistem NFT pun mendapat sambutan yang sangat besar di tahun 2021. Secara keseluruhan pada tahun 2021, pasar NFT memiliki mendapatkan  volume perdagangan lebih dari $23 miliar. 

LIHAT JUGA: Dogecoin Foundation Ajak Pendiri Ethereum Buat Mekanisme Staking DOGE

Sedangkan, platform berbasis metaverses blockchain mendapat lebih dari $500 juta dalam volume perdagangan dan aset dalam game yang direpresentasikan sebagai NFT mengumpulkan $4,5 miliar dalam volume perdagangan.

Ethereum dan Jaringan Dapp masih akan Moncer

Apabila merujuk pada tren tersebut, di tahun 2022 sepertinya tren tersebut masih akan berlanjut. Jaringan yang memiliki platform aplikasi terdesentralisasi akan mendapat perhatian yang lebih serius. 

Di tahun 2021 Ethereum masih menjadi raja industri ini. Meski, di tahun tersebut pula bermunculan jaringan yang menawarkan layanan yang menyaingi Ethereum, seperti Solana, Avalanche, dan lainnya. 

Namun, Ethereum masih akan menjadi salah satu blockchain terpenting di tahun ini. Jaringan ini bahkan telah mengalami perubahan struktural penting dan terus berkembang, salah satunya telah mengubah sistem jaringannya ke Proof of Stake. 

Namun, jaringan Layer-2 akan menjadi tuan rumah DeFi penting terutama bagi layanan dapp play-to-earn yang diperkirakan akan mendapatkan perhatian lebih besar di tahun ini. 

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM