Dimodali Komunitas, Pengembang NFT BAYC Luncurkan Situs Berita

Share :

Portalkripto.com — Non-Fungible Token (NFT) Bored Ape Yacht Club (BAYC) merilis situs berita bernama The Bored Ape Gazette setelah mendapatkan pendanaan dari ApeCoin Decentralized autonomous organization (DAO) sebesar$150.000. DAO merupakan organisasi atau komunitas yang dibangun oleh aturan dalam jaringan komputer (blockchain).

The Bored Ape Gazette akan menggunakan dana tersebut untuk membuat buletin, membayar pekerja lepas, dan mengembangkan situsnya. Artikel yang diterbitkan seputar informasi terkini tentang NFT BAYC, Mutant Apes (MAYC), Kennel Club (BAKC), dan Otherside, serta game metaverse Yuga Labs yang akan datang.

Dana tersebut diperoleh setelah mayoritas pemilik token ApeCoin memberikan dukungannya kepada BAYC untuk membuat situs berita mandiri. Dalam proposal berjudul AIP-70, sekitar 1,1 juta atau 87,88 persen memberikan dukungannya. Sementara yang menolak sebanyak 149 ribuan atau sekitar 12,12 persen.

Dana sebesar $150.000 akan digunakan untuk berbagai keperluan selama satu tahun mendatang. Salah satunya untuk menggaji satu-satunya penulis dan editor, Kyle Swenson, $7.000 per bulan untuk membuat lebih banyak konten, peningkatan fokus pada berita DAO ApeCoin, serta pembuatan buletin Bored Ape Gazette dwi mingguan.

Selain itu, dana yang tersisa akan digunakan untuk membayar penulis lepas sebesar $100 per artikel dengan tujuan merekrut penulis dari komunitas ApeCoin DAO.

Menurut data statistik dari SimilarWeb, sejak ditayangkan pada Juni tahun lalu jumah total kunjungan ke The Bored Ape Gazette baru mencapai 52.400 dengan rata-rata waktu kunjungan 1,4 menit.


Kamu Bis Baca Artikel Lain:

Usai Hentikan Penarikan, CoinFLEX PHK Banyak Karyawan

Dalam Dua Bulan, Negera Terima Pemasukan Rp48,19 Miliar dari Pajak Kripto

Ekonomi AS Menyusut 2 Kuartal Berturut-turut, Joe Biden Bantah Kondisi Resesi


Sebagai situs yang dikembangkan oleh komunitasnya dan dikelola oleh seorang pemilik BAYC, muncul pertanyaan apakah berita yang disajikakan akan obyektif atau ada keberpihakan kepada kepentingan komunitas.

Swenson menjamin artikel-artikel yang ditayangkan akan obyektif.

“The Gazette akan selalu menjadi suara bagi komunitas dan saya bekerja keras untuk seimbang ketika meliput berita apa pun,” katanya kepada Decrypt melalui Twitter DM.

Swenson yang tinggal Orlando bukanlah orang baru dalam dunia jurnalistik. Sebelumnya dia pernah magang dua kali di Dow Jones News Fund di Orlando Business Journal. Dia juga pernah menjabat pemimpin redaksi di media independen Knight News yang meliput berbagai kegiatan di University of Central Florida.