Dituding Rugpull, Pencipta NFT BAYC dan Apecoin Diancam Digugat ke Pengadilan

Share :

Portalkripto.com — Firma hukum Scott+Scott tengah merancang gugatan class action terhadap Yuga Labs, pencipta nonfungible token (NFT) Bored Ape Yacht Club (BAYC), pekan ini.

Gugatan itu menuding Yuga Labs telah mempromosikan NFT BAYC dan ApeCoin sebagai sekuritas yang bisa memberikan keuntungan, tetapi pada kenyataannya nilainya justru anjlok dalam tiga bulan terakhir.

“Investor Yuga Labs dibujuk secara tidak tepat untuk membeli produk keuangan yang dibuat oleh Yuga Labs (YUGA LABS), yaitu Ape Coin dan token non-fungible Bored Ape Yacht Club (“NFT”),” menurut keterangan pengunggat.

Gugatan ini belum diajukan secara resmi di pengadilan federal. Scott+Scott masih mencari kolektor lainnya yang juga mengalami kerugian setelah membeli NFT karya Yuga Labs dalam periode April hingga Juni.

Dalam gugatan class action ini disebutkan, kolektor membeli NFT dengan harapan nilainya bisa terus naik seiring dengan kenaikan reputasi BAYC. Tak hanya itu, gugatan tersebut bahkan menuding token asli BAYC, ApeCoin, juga adalah sebuah sekuritas.

“Setelah terungkap bahwa pertumbuhan yang disebut-sebut sepenuhnya bergantung pada promosi yang berkelanjutan (sebagai lawan dari utilitas aktual atau teknologi yang mendasarinya), investor ritel dibiarkan dengan token yang telah kehilangan lebih dari 87% dari harga tinggi yang meningkat pada 28 April 2022,” tulis Scott+Scott dalam keterangan resminya.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, dan BNB, Jelang FOMC Meeting

Adopsi Aset Kripto Masih Rendah, Diprediksi Capai 1 Miliar Pengguna di 2030


Gugatan ini menyoriti penurunan harga toke APE dan NFT BAYC. Saat diluncurkan, Apecoin sempat melonjak ke level tertinggi sepanjang masa di $26,70, sebelum turun sekitar 82,5% menjadi $4,66 pada akhir Juni. Adapun, harga dasar NFT BAYC  dari 151,5 Ether (ETH) turun menjadi 92,9 ETH.

Gugatan ini nantinya akan diputuskan oleh pengadilan apakah NFT BAYC dan Apecoin masuk dalam sekuritas, mirip dengan saham di perusahaan yang memiliki nilai. Jika pengadilan menemukan bahwa NFT BAYC adalah sekuritas, maka Yuga Labs dinilai gagal mengungkap dan melakukan registrasi yang diperlukan untuk menawarkan sekuritas.

Namun, jika NFT diklasifikasikan sebagai sekuritas, maka jalannya akan semakin panjang. “Saya melihat, kecil kemungkinan SEC (Komisi Bursa dan Sekuritas AS) akan terlibat dan membuktikan NFT BAYC adalah sebuah sekuritas,” ujar Brian Fyre, seorang profesor hukum di University of Kentucky, dikutip Decrypt.

SEC selama ini tidak secara gamblang melabeli NFT sebagai sebuah sekuritas. Lembaga ini selalu menentang NFT untuk berada di bawah cakupannya.

Secara teknis, instrumen keuangan bisa disebut sekuritas jika lolos Howey Test, evaluasi yang ditentukan oleh Mahkamah Agung AS. Namun dalam kenyataannya, aturan itu tidak secara hitam putih diterapkan.

ApeCoin, kripto yang diluncurkan oleh Yuga pada Maret lalu, memberikan akses terhadap pemegang untuk memberikan suaranya pada proposal tata kelola ApeCoin DAO, organisasi otonom terdesentralisasi yang membuat keputusan terkait ekosistem Bored Ape Yacht Club. Nilai koin APE cenderung berfluktuasi dengan nilai BAYC dan Yuga Labs.

Gugatan terhadap Yuga Labs ini dapat memaksa SEC untuk menentukan apakah NFT, atau token tata kelola seperti ApeCoin, sebagai sekuritas.

Gugatan Dihiraukan Komunitas

Gugatan ini nampaknya tidak berdampak pada komunitas BAYC atau penggemar produk Yuga Labs. Bahkan, beberapa cuitan di Twitter menanggapi gugatan tersebut dengan nada nyinyir.

Salah satunya holder BAYC @SoapBoxCar yang mengatakan, melalui utas  Twitter pada 24 Juli, penguggat merupakan sekelompok orang gila yang memeli BAYC dan APE di harga tinggi. “Mereka membeli di atas dan “mendapat rekt.”

Jika gugatan ini benra-benar diseret ke meja hijau, penggugat perlu membuktikan bahwa Yuga Labs telah melakukan praktik pump and dump. Pembuktian semacam itu sangat sulit dilakukan mengingat volume perdagangan di dua produk kripto Yuga Labs tersebut memilki volume transksi yang cukup besar. 

Pump and dumps, atau rugpull biasanya menyiratkan bahwa sebuah proyek telah membuang aset yang digelembungkan secara artifisial ke komunitas sebelum meninggalkan proyek sama sekali.