Doge Coin, Sebuah Kegilaan di Pasar Crypto 

Portalkripto.com– Doge Coin dengan sangat mengejutkan berhasil membuat riuh pasar mata uang kripto (cryptocurrency) di akhir pekan ini, 17 April 2021. Koin yang awalnya hanya sebagai proyek candaan ini, dalam 24 jam terakhir telah membuat sebagian orang cuan mendadak. 

Doge Coin berhasil mencetak harga tertingginya dalam sejarah. Lebih dari itu, koin ini berhasil menunjukan bahwa aset digital dengan fundamental yang baik, tidak selalu mendapat respon yang bagus dari publik. Atau dengan kata lain tidak lebih mujur dari coin guyonan ini.  

Dalam 24 jam terakhir, berdasarkan data coinmarketcap, harga Doge terdongkrak sekitar 170%. Kini harganya hampir menyentuh Rp 5000/koin. Padahal, sebulan yang lalu, koin ini hanya berkutat di harga Rp 700-800. 

Selain meningkatkan harganya, Doge Coin pun berhasil merangsek posisi 5 Coinmarketcap. Doge berhasil menyingkirkan Cardano (ADA), Polkadot (DOT), Theter, hingga LItecoin (LTC). 

LIHAT JUGA: NFT Kian Diminati, Kuartal Pertama 2021 Mendominasi Industri Cryptocurrency

Nilai kapitalisasi pasarnya pun meningkat drastis. Kini jumlah kapitalisasi pasar Doge mencapai US$ 47,599,556,638, meroket 160%.

Berawal Dari Meme yang Mengolok-olok Cryptocurrency

Doge Coin merupakan sebuah proyek cryptocurrency yang diciptakan sebagai medium bersenang-senang para pendirinya. Koin ini awalnya dikenal hanya sebatas meme di internet dengan logo anjing shiba. 

Meme tersebut dibuat seolah-oleh ingin mengolok-olok industr cryptocurrency yang saat itu baru mulai berkembang. 

Namun, di tangan Billy Markus dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia, Doge diciptakan sebagai cryptocurrency. Meskipun, tetap didasari oleh “ketidakseriusan”. 

Dalam sebuah forum di Reddit, Billy Markus pernah mengungkapkan bahwa ia tidak pernah membayangkan harga Doge bisa mencapai US$1. Menurutnya hal tersebut sangat utopis dan sulit dipahami. 

Pada sebuah kesempatan yang lain, ia pernah  mengajukan sebuah pertanyaan retoris dengan mengatakan, “apakah Dogecoin pantas mendapatkannya?”

Baru-baru ini, sepertinya ketidakmungkinan tersebut malah akan terwujud. Namun, dia  mengatakan bahwa apabila Doge Coin terus meningkat harganya itu merupakan gejala dari penemuan harga di pasar cryptocurrency secara keseluruhan. 

“Saya pikir pasar telah mencoba untuk mencari tahu berapa nilai intrinsik dari semua cryptocurrency selama 12 tahun terakhir. Itu belum menentukan satu sama lain. “

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.