Dogecoin (DOGE) Melemah, Apakah Disebabkan Penjualan oleh Paus?

Portalkripto.com– Dogecoin (DOGE) mengalami koreksi cukup dalam sejak hari Minggu, 9 Mei 2021. Tepat sehari setelah Elon Musk tampil di acara televisi Saturday Night Live (SNL). Penurunan harga meme coin ini cukup dalam hingga 35%.

Sebetulnya apa yang sedang dialami oleh DOGE? Menunjukan performa luar biasa di minggu lalu, namun anjlok di pekan ini. Padahal, minggu lalu DOGE memperoleh keuntungan 10 kali lipat saat rally ke Rp 10.400.

Minggu lalu pun DOGE tercatat telah memperdagangkan lebih dari US$30 miliar dengan total kapitalisasi pasar yang melonjak hingga US$65 miliar. 

Lantas apa penyebab penurunan DOGE saat ini yang membuat gusar trader DOGE angkatan harga Rp 8000-9000?

LIHAT JUGA: Hiruk Pikuk Elon Musk di SNL Ditutup dengan Menurunnya Harga DOGE (30%)

Ini menimbulkan pertanyaan apakah paus terbesar telah melakukan penjualan dalam jumlah besar setelah Elon Musk tampil di SNL? (Paus adalah sebutan untuk investor yang memegang koin dalam jumlah besar. Aksi yang dilakukan paus pada koinnya akan berpengaruh besar terhadap pasar).

Saat ini kepemilikan Dogecoin memang sangat terkonsentrasi. Sebanyak 109 alamat teratas (paus) memegang 67,4% dari pasokan DOGE yang tersedia. 

Berdasarkan chart dari bitinfochart, penelusur alamat wallet paus, memang setelah Elon Musk tampil di SNL, tanggal 9 Mei, terdapat penjualan yang dilakukan paus dalam jumlah yang cukup besar, sekitar US$ 300 juta. Tercatat 5 wallet paus yang menjual DOGE selama satu hari tersebut. 

LIHAT JUGA: Cuitan Elon Musk Ternyata Punya Pengaruh Pada Kenaikan Harga Cryptocurrency

Namun, setelahnya terdapat 6 alamat paus yang memborong DOGE hingga tanggal 12 Mei 2021. Nilai yang masuk ke DOGE di 3 hari terakhir melebihi yang keluar sejak tanggal 9 Mei. 

Ini artinya, pengaruh paus yang melakukan konversi DOGE mereka tidak cukup untuk menjadikan alasan harga koin anjing ini saat ini melemah. Bahkan, kepercayaan diri paus nampaknya masih tinggi pada DOGE. Saat berita ini ditulis, bahkan total market cap DOGE meningkat menjadi US$ 66 miliar dibandingkan tanggal 9 Mei yang berada di angka US$65 miliar.

Hanya saja investor ketengan dan trader merasa jenuh dengan kondisi pasar secara keseluruhan. Hal itu dibuktikan dengan penurunan sejumlah koin, termasuk Bitcoin. Selain itu, dalam dua hari terakhir Bung Elon Musk nampak ingin mencoba memompa DOGE dengan cuitannya, soal DOGE-1 dan pembayaran Tesla menggunakan DOGE. 

Namun, apakah efek cuitan Musk itu tersebut belum berefek? Hanya waktu dan Elon yang bisa menjawab.[]Iqbal Siregar/Portalkripto.com

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.