DPR Rusia akan Atur Regulasi Penambangan Kripto Sebagai Bisnis

Portalkripto.com-Rusia sedang bergerak untuk segera mengatur penambangan cryptocurrency setelah melegitimasi industri crypto pada bulan Januari 2021. Anggota parlemen Rusia menjadi lebih serius dalam mengatur industri kripto ketika penggemar kripto di Rusia meningkat pesat.

Ketua Komite Duma Negara Rusia di Pasar Keuangan, Anatoly Aksakov mengklaim bahwa anggota parlemen Rusia sekarang mempertimbangkan untuk mengakui industri penambangan kripto sebagai bentuk kewirausahaan di bawah undang-undang bisnis lokal.

“Karena [penambangan kripto] ini adalah jenis kegiatan kewirausahaan, jelas perlu untuk memasukkannya ke dalam daftar negara, untuk mengaturnya sebagai jenis kewirausahaan di bawah kode yang sesuai, dan mengenakan pajak yang relevan,” kata Aksakov, dikutip dari Cointelegraph.

LIHAT JUGA: Area Penambang Bitcoin di Sichuan China Dilumpuhkan, Mimpi Buruk atau Sebaliknya?

Ia mengatakan bahwa pemerintah secara aktif mengerjakan beberapa inisiatif hukum yang terkait dengan industri kripto, baik tagihan pajak untuk kripto, penambangan, dan penerbitan mata uang digital dalam waktu dekat. Aksakov juga menekankan perlunya memberikan lebih banyak kejelasan peraturan untuk mata uang digital, dengan menyatakan:

“Kita masih perlu membahas apa sebenarnya mata uang digital itu, meskipun kita menyebutnya mata uang, itu lebih digunakan sebagai instrumen keuangan, atau aset keuangan yang menjadi subjek investasi, bukan alat pembayaran.”

Menurut Nikita Soshnikov, mantan pengacara senior di Deloitte CIS dan direktur Alfacash, “Implikasi praktis untuk industri akan terbatas pada pendaftaran bisnis dan kewajiban pajak, tentu saja, dengan tingkat pengakuan resmi tertentu sebagai bisnis yang sah.”

LIHAT JUGA: Menanti Cardano Alonzo Hardfork, Apakah Berpengaruh pada Harga ADA?

Rusia secara resmi mengadopsi kerangka hukum dasar untuk mengatur mata uang kripto seperti Bitcoin ( BTC ) pada Januari 2021, sebagai bagian dari undang-undang “Tentang Aset Keuangan Digital,” yang melarang penggunaan kripto sebagai metode pembayaran. 

Meskipun secara resmi melegitimasi investasi cryptocurrency, undang-undang tersebut tidak memberikan peraturan yang jelas untuk banyak aspek industri tertentu, termasuk perpajakan, penambangan, aturan untuk memiliki dan melaporkan kepemilikan crypto , dan lainnya.

 

 PENULIS: GALIH MUHAMAD/PORTALKRIPTO.COM