EIP-1559, Cara Ethereum untuk Mengurangi Biaya Transaksi

eip 1559 ethereum

Portalkripto.com– Jaringan blockchain Ethereum sejauh ini telah mendominasi ekosistem cryptocurrency dengan sistem desentralisasi dan DApps nya. Namun, banyak pihak yang menilai jaringan blockchain Ethereum saat ini masih banyak ketidakefisienan, terutama dalam hal biaya gas atau gas fee.

Masalah biaya Ethereum tersebut membuat para pesaingnya berlomba untuk menawarkan jaringan yang lebih efisien dan lebih murah. Baru-baru ini kita sering mendengar istilah “Ethereum killer” yang disematkan kepada jaringan blockchain yang menawarkan biaya gas lebih murah, seperti Polygon, Solana, dan Cardano. 

Selama ini biaya transaksi rata-rata di jaringan Ethereum berdasarkan data Bitinfochart, sekitar US$3,50 menurut. Meskipun, biiaya ini jauh dari harga tertinggi sepanjang masa sebesar US$70 (rata-rata) pada pertengahan Mei tetapi masih terlalu mahal untuk penggunaan praktis dan jumlah transaksi yang lebih kecil.

LIHAT JUGA: Ethereum (ETH) Berada di Buy Area, Take Profit di Harga Berapa?

Untuk menjawab keresahan tersebut, Ethereum kini tengah melakukan uji coba Ethereum Improvement Proposals atau EIP-1559. 

Apa Itu EIP-1559?

Dikutip dari Decrypt.co, EIP-1559 tersebut digadang-gadang akan membantu mengurangi biaya pemindahan data di sekitar Ethereum dan meningkatkan kelangkaan Ether, secara efektif membuat ETH lebih langka dan, secara teoritis lebih berharga. 

EIP-1559 ini dirancang untuk membuat transaksi di Ethereum lebih efisien. Selama ini, Ethereum memiliki sistem yang dinilai tidak efisien. Biaya gas setiap transaksi tidak memiliki dasar harga yang pasti.

Hal tersebut dikarenakan, sistem ERC-20 yang digunakan selama ini  menggunakan cara lelang yang menentukan transaksi mana yang dibundel di dalam blok apa. 

Semakin banyak pengguna yang membayar, semakin besar kemungkinan penambang akan memasukkan transaksi. Hal ini membuat jaringan semakin sibuk, yang membuat biaya transaksi semakin tinggi.

LIHAT JUGA: Hindari Penyensoran, Aktivis Pro Demokrasi Hongkong “Amankan” Surat Kabar Apple Daily di Blockchain

Dengan beralih ke EIP-1559, sistem itu akan digantikan oleh struktur biaya yang diberi harga secara otomatis oleh jaringan. Selain itu, sistem tip akan diperkenalkan untuk memungkinkan orang yang ingin transaksi mereka diverifikasi lebih cepat, membayar penambang untuk melakukannya.

Terdapat keyakinan peralihan ini akan memotong biaya transaksi hingga 90% dan mengurangi ketidakpastian tentang berapa biaya untuk bertransaksi di Ethereum. 

Ditentang oleh Penambang

Namun, upaya perbaikan ini ditentang oleh sejumlah penambang. Para penambang menilai EIP-1559 akan mengurangi reward yang mereka dapatkan. 

Salah satu mining pool Ethereum Flexpool bahkan sampai mengeluarkan pernyataan sikap untuk melawan EIP pada awal tahun 2021, yang diikuti oleh beberapa kelompok lainnya. 

Dikutip dari Decrypt.co, terdapat lebih dari 50% dari total hashrate Ethereum saat ini menentang perubahan tersebut. 

Kendati hal ini belum bisa diukur dampaknya pada peuncuan EIP tetapi beberapa penambang telah mencari aliran pendapatan alternatif, terutama, nilai yang diekstraksi penambang.