Elon Musk Bikin Harga Bitcoin Terjun, Bagaimana dengan Dogecoin?

Portalkripto.com– CEO Tesla Elon Musk tanpa tedeng aling-aling melemparkan twit kontroversial yang membuat pasar mata uang kripto sedikit berantakan, pada Kamis, 13 Mei 2021. Elon membuat cuitan tentang keputusan Tesla yang akan menangguhkan Bitcoin sebagai alat pembayaran produk mobil listrik mereka.

Sontak, cuitan tersebut membuat harga Bitcoin terjun bebas. Belum juga satu jam sejak Elon mencuit hal tersebut, BTC anjlok 6%. Saat ini Bitcoin terakumulasi turun 10,54% dalam 24 jam terakhir, jatuh ke harga US$ 51 ribu.

Dalam cuitan tersebut, alasan Musk menangguhkan Bitcoin sebagai alat pembayaran di perusahaanya karena masalah lingkungan. Ia mengatakan, kegiatan menambang BTC menimbulkan peningkatan sumber energi kotor seperti batu bara dll. 

http://

Kendati demikian, Musk menyatakan perusahaan tidak mengesampingkan menerima BTC lagi di masa depan. Dengan catatan perusahaan akan melanjutkan menggunakan Bitcoin untuk transaksi setelah adanya transisi penambangan ke energi yang lebih berkelanjutan.”

“Kami juga mencari cryptocurrency lain yang digunakan,” tulis Elon.

Banyak yang berspekulasi cryptocurrency lain yang sedang “dicari” oleh Elon adalah Dogecoin. Pasalnya, selama ini Elon dikenal sebagai “promotor” Dogecoin. Sebulan ke belakang, CEO SpaceX ini juga kerap melontarkan beberapa dukungan terhadap koin meme ini. 

LIHAT JUGA: Elon Musk: Tesla akan Tangguhkan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Setelah cuitan tersebut, Dogecoin memang tidak terlalu terdampak. Namun, berdasarkan perhitungan chart di Tradingview, Dogecoin nampak sedang mengejar resistensinya ke harga Rp 7000. 

Sebelumnya, Dogecoin terkoreksi cukup dalam. Pada 7 hari terakhir, Dogecoin membukukan kerugian 27,31%. Selain itu, total kapitalisasi pasar DOGE pun nampak turun 10,71%. Hal tersebut mengakibatkan peringkat coinmarketcap DOGE turun satu peringkat, ke peringkat 5.