Ethereum Classic (ETC) dan Near Protocol (NEAR) Kembali Bergairah, Berikut Analisa Harganya

Share :

Portalkripto.com — Stabilitas harga Bitcoin memasuki awal tahun 2023 menjadi momentum tersendiri bagi beberapa altcoin untuk menunjukan taringnya.

Penutupan positif kapitalisasi pasar kripto menjadi salah satu faktor yang mampu mendorong kenaikan harga pada sebagian besar aset kripto.

Beberapa aset kripto yang mengalami penurunan harga pada tahun 2022 cenderung bergerak sideways seakan terlelap pada ‘tidur’-nya.

Ethereum Classic (ETC) dan Near Protocol (NEAR) berhasil mencuri sentimen positif pasar kirpto setelah naik tinggi pada penutupan kandil harian 4 Desember.

Kedua altcoin tersebut memilih ‘bangun’ dari tidur panjangnya. Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari ETC dan NEAR berdasarkan candle chart (1D).

ETC/USDT 1D Binance

ETC mengalami penurunan harga cukup dalam pada periode 13 Agustus hingga 19 Desember. Harga ETC turun sebesar 67,91% pada periode tersebut.

Sebelumnya, pergerakan harga ETC mengalami kenaikan karena dampak dari pergantian konsensus dari proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS) yang dilakukan oleh Ethereum.

ETC menjadi salah satu kandidat alternatif aset yang akan ditambang oleh penambang yang sebelumnya melakukan penambangan di jaringan Ethereum.

Pelaku pasar banyak yang terkena FOMO (Fear of Missing Out) untuk membeli ETC, serentak hal tersebut mendorong kenaikan harga ETC.

Pergerakan harga ETC berhasisl bullish pada periode 18 Juni hingga 13 Agustus, dengan kenaikan yang tinggi, sebesar 266,56%.

ETC kembali mencuri perhatian pelaku pasar kripto setelah kandil harian pagi ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan, sebesar 20,83%.

Kandil harian ETC ditutup pada level $19,20, dengan level tertinggi berada pada harga $19,85, dan level terendah berada pada harga $15,85. Naiknya harga tersebut didukung oleh penutupan volume perdagangan yang tinggi, berada diatas 20-day moving average (MA).

ETC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETC berhasil bounce setelah mengalami penurunan pada 19 Desember. Titik support pada harga terendah penutupan kandil harian 19 Desember di level $14,70 kembali di retest pada 29 Desember. Titik tersebut masih cukup solid untuk membalikan arah harga dari turun menjadi naik.

Pumping yang terjadi pada penutupan kandil harian pagi ini berhasil breakout dua dinamis resistance pada 20-day exponential moving average (EMA) di level $16,90, dan 50-day EMA di level $18,32, yang saat ini berfungsi sebagai support terdekat.

Laju naik ETC berpotensi menyentuh upper line dari bearish channel dan resistance yang terbentuk pada 24 November di level $28,85, sebagai target naik terdekat saat ini.

Breakout terhadap bearish channel merupakan target utama dari laju naik ETC untuk kembali mendapatkan sentimmen positif pelaku pasar kripto dan mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

Apabila pergerakan harga ETC berhasil breakout resistance pada level $20,85, maka harga tertinggi pada penutupan kandil harian 5 November di level $27 menjadi target naik selanjutnya.

NEAR/USDT 1D Binance

Pergerakan harga NEAR konsisten turun pada falling wedge pattern sebagai laju bearish-nya. Harga NEAR mengalami penurunan yang dalam, turun sebesar 79,85% pada periode 13 Agustus hingga 19 Desember.

Setelah menemukan lantai dari laju bearishnya, pergerakan harga NEAR cenderung sideways. Penutupan kandil harian 4 Januari pagi ini berhasil menarik perhatian pasar kripto.

Kandil harian NEAR ditutup hijau dengan kenaikan yang cukup signifikan, sebesar 16,10%, ditutup pada level $1,550, dengan level tertinggi berada pada harga $1,630, dan level terendah berada pada harga $1,329.

NEAR/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Naiknya harga tersebut didukung oleh penutupan volume perdagangan yang tinggi, berada diatas 20-day MA. Tingginya tekanan beli menjadi faktor utama naiknya harga NEAR, hal tersebut terlihat dari relative strength index (RSI) yang mengalami kenaikan.

Laju naik NEAR berhasil breakout 20-day EMA di level $1,406 yang saat ini beralih fungsi menjadi titik support terdekat apabila harga NEAR kemballi koreksi.

Dinamis resistance pada 50-day EMA di level $1,666 menjadi tahanan yang harus ditembus untuk kembali bergerak lebih tinggi.

Breakout falling wedge pattern menjadi misi utama saat ini sebagai usaha pembalikan arah harga dari turun menjadi naik.

Pergerakan harga NEAR berpotensi naik hingga mencapai level $2,071 apabila berhasil breakout 50-day EMA sebagain resistance terdekatnya.

Jika aksi beli dan volume perdagangan masih tinggi, bukan tidak mungkin jika laju naik NEAR akan kemballi menyentuh area level $2,333-$2,595.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.