EthereumPoW Turun 92%, Penambang Diprediksi Bangkrut

Share :

Portalkripto.com — Proyek hard fork Ethereum, EthereumPoW (ETHW), mengalami penurunan nilai drastis dan saat ini diperdagangkan di harga $4,64 menurut CoinMarketCap. Token ini saat The Merge melesat 70% ke level $60.68, tetapi kemudian anjlok hingga 92% dalam waktu empat hari.

Nilai EthereumPoW terus turun setelah peluncuran mainnetnya pada Kamis lalu bermasalah. Menurut data, jaringan tersebut juga banyak ditinggalkan para penambang yang lebih memilih blockchain Ethereum Classic (ETC).

EthereumPoW dibangun atas inisiasi penambang ETH asal Cina, Chandler Guo, karena Ethereum setelah The Merge tidak lagi membutuhkan penambang. Pada Agustus lalu, ia mengusulkan untuk membuat versi duplikat dari blockchain Ethereum yang akan mempertahankan mekanisme konsensus proof-of-work (PoW).

Setiap penambang berhak menerima ETHW dengan jumlah yang sama dengan ETH yang mereka miliki melalui mekanisme airdrop. Peluncuran mainnet EthereumPoW resmi dilakukan beberapa jam setelah The Merge pada Kamis, 15 September 2022.

Beberapa platform exchange kripto ikut mendukung EthereumPoW dengan memasukkannya ke dalam bursa, salah satunya exchange kripto Poloniex. Namun, belum lama ini Poloniex mengejutkan banyak orang dengan mengumumkan dukungannya terhadap EthereumFair (ETF), fork Ethereum yang lain.

“Berdasarkan situasi pasar serta konsensus pengguna dan komunitas, Ploniex telah memutuskan untuk memilih EthereumFair (ETF) yang didukung oleh mayoritas komunitas dan didukung lebih banyak daya PoW seperti token ETHW,” ujar Poloniex pada Kamis lalu.

Tak ada banyak informasi terkait EthereumFair. Menurut akun Twitter resminya, token ETF didistribusi ke pemegang token bitcoin (BTC), dogecoin (DOGE), ether classic (ETC), dan classzz (CZZ).

Poloniex mengungkapkan, pengguna sudah menerima token, yang menunjukkan blockchain tersebut telah dirilis. Exchange kripto seperti Huobi dan Gate.io juga mendaftarkan ETF, dan perdagangan token tersebut sudah dimulai sejak Jumat pagi.

Guo mengecam Poloniex yang telah mendukung EthereumFair dan menyebut exchange itu telah membuat kesalahan besar. Saat ini, token EthereumFair diperdagangkan sekitar $5,24 dan mengalami penurunan yang sama drastisnya dengan EthereimPoW, sebesar 43,7% dalam 24 jam.

Meski demikian, dalam CoinDeskTV, Guo mengatakan, ia memperkirakan hanya 10% penambang ETHW dan ETC yang akan bertahan. Menurutnya, mereka adalah penambang yang memiliki akses listrik dengan harga yang murah.

“Beberapa orang (penambang) yang mendapatkan akses listrik gratis dapat terus melakukannya. 90% lainnya bangkrut,” katanya.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.