Gas Fee Rata-rata Ethereum Turun Jadi $1,57, Terendah Sejak 2020

Share :

Portalkripto.com — Biaya rata-rata transaksi atau gas fee di blockchain Ethereum turun menjadi 0,0015 ETH atau $1,57 (Rp23.482), terendah sejak Desember 2020. Diketahui pada Januari 2021, gas fee Ethereum mulai melonjak tajam setelah nonfungible token (NFT) dan decentralized finance (DeFi) semakin populer.

Data BitInfoCharts menunjukkan, selama hampir dua tahun, antara Januari 2021 hingga Mei 2022, gas fee rata-rata yang dibutuhkan di Ethereum mencapai $40 (Rp598.272). Pada 1 Mei 2022, gas fee jaringan ini mencapai titik tertinggi sebesar $196.638 (Rp2.941.034.637).

Pada November 2021, banyak investor mengeluhkan gas fee yang nilainya tidak masuk akal. Menanggapi hal tersebut, pendiri Ethereum Vitalik Buterin mengeluarkan proposal untuk menurunkan biaya dan menentukan batas gas fee.

Buterin mengusulkan solusi jangka pendek dengan memotong biaya rollup dan menentukan batas call-data per blok untuk menurunkan gas fee ETH.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Penjualan NFT di Bulan Juni Karam, Terendah Sepanjang Tahun 2022

Pelaku Industri Kripto Optimis Badai akan Berlalu


Sejalan dengan penurunan gas fee ini, Cointelegraph mengungkapkan, penjualan harian NFT juga turun ke posisi terendah dalam satu tahun terakhir. Ekosistem NFT mencatat kinerja terburuk pada Juni 2022 setelah total penjualan harian turun menjadi sekitar 19.000 dengan perkiraan nilai $13,8 juta.

Apa itu Gas Fee?

Gas adalah istilah yang dipakai untuk menyebut jumlah ether (ETH), token asli Ethereum, yang dibutuhkan jaringan Ethereum agar pengguna bisa melakukan transaksi.

Biaya gas atau gas fee diperlukan sebagai kompensasi bagi penambang Ethereum atas energi yang dikeluarkan untuk memverifikasi transaksi. Biaya ini juga berguna untuk meningkatkan keamanan jaringan Ethereum.

Karena gas fee pada Ethereum biasanya jauh lebih rendah dari 1 ETH, Ethereum menggunakan sistem metrik dengan unit denominasi yang dinamai ‘wei’. 1 ETH sama dengan 1 kuintiliun wei (memiliki 18 angka nol di belakangnya).

Salah satu unit denominasi wei yang paling umum digunakan dalam pembayaran gas fee adalah gigawei (gwei). 1 gwei sama dengan 1 miliar wei.

Gas fee akan semakin mahal jika harga ETH naik. Harga gas fee juga akan terus melonjak seiring dengan padatnya jaringan Ethereum.