Volume Perdagangan NFT Jaringan Ethereum Turun 70%

Share :

Portalkripto.com — Total volume perdagangan NFT Ethereum anjlok sebesar 70% dalam sebulan terakhir. Menurut data Nansen, angkanya turun dari 1,3 juta ETH menjadi 584.000 ETH atau dari $2,6 miliar menjadi sekitar $672 juta.

Harga token native Ethereum, ETH,  juga tercatat mengalami penurunan hingga 43% bulan ini. Namun, harga NFT blue chip tidak mengalami kenaikan sehingga tidak bisa mengimbanginya.

Harga rata-rata lima koleksi NFT terpopuler di OpenSea terpantau stagnan, seperti NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang masih berkisar 100 ETH. Hanya CryptoPunks yang mengalami kenaikan harga dasar atau floor price usai dipimpin oleh Noah Davis, mantan kepala penjualan digital Christie.

Menurut data CryptoSlam, harga jual rata-rata NFT Ethereum turun 71% dari $2.463 pada Mei menjadi $703 bulan ini. Saat bear market kripto terus berlanjut, NFT ikut mengalami kelesuan harga.

Meski demikian, OpenSea bisa membukukan jumlah penjualan yang lebih tinggi bulan ini dibandingkan dengan bulan lalu. Pada Mei 2022, marketplace NFT terbesar itu mencatat penjualan total 1,478 juta NFT dan jumlah yang sama sudah dicapai oleh OpenSea per 29 Juni ini.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Grayscale Gugat SEC atas Penolakan Spot Bitcoin ETF

Mark Cuban Masih Optimis Pasar Kripto Bangkit, dengan Syarat..


Menurut data Dune, OpenSea juga mengalami peningkatan pengguna terdaftar yang telah melakukan sedikitnya satu transaksi sebesar 6,5%. Jumlah pedagang aktif NFT Ethereum hanya sedikit mengalami penurunan sebesar 16% dari 422.000 menjadi 354.000.

Jumlah proyek NFT aktif mingguan yang memasarkan aset digitalnya juga tidak banyak menurun. Jumlah proyek NFT yang meraih lebih dari seribu penjualan hanya turun 30% bulan ini, dari 109 menjadi 76.

Jadi, meski volume perdagangan secara keseluruhan menurun, para trader dan kolektor masih bergeliat meski mungkin mereka saat ini melakukan jual beli NFT dengan harga yang lebih murah.