JP Morgan Resmi Miliki Wallet Kripto

Share :

Portalkripto.com — Pengacara Hak Paten dan Merk Dagang AS, Michael Kondoudis, mengumumkan bahwa JP Morgan & Chase Co telah resmi memiliki wallet kripto. Hak paten wallet-nya juga telah resmi didaftarkan oleh bank terbesar di AS itu pada 21 November 2022.

Menurut Kondoudis, U.S. Patent and Trademark Office (USPTO) menerima pengajuan hal paten wallet kripto dari JP Morgan pada 15 November lalu. Dengan adanya wallet itu, JP Morgan akan menawarkan layanan transfer dan pertukaran kripto, pembayaran kripto, rekening giro virtual, dan layanan keuangan lainnya.

Meskipun wallet yang dinamai ‘JP Morgan Wallet’ itu akan digunakan untuk memproses pembayaran kripto, tetapi tidak dijelaskan kripto mana saja disertakan.

Sejak 2017, CEO JP Morgan Jamie Dimon terus mengeluarkan pernyataan keras terkait Bitcoin dan kripto. Ia menyebut investasi aset kripto adalah bentuk penipuan. Dimon bahkan pernah sesumbar akan memutus trader JP Morgan yang ketahuan berkecimpung di dunia kripto.

Namun perusahaannya justru melakukan manuver serius setelah melihat industri kripto berkembang pesat. Pada 2021, co-Presiden JP Morgan, Daniel Pinto, mengatakan, perusahaannya mempertimbangkan untuk menggunakan blockchain dan kripto jika permintaan pasar cukup besar.

Sejak itu, JP Morgan itu terus mengintegrasikan diri dengan kripto bahkan saat bear market. Pada awal November lalu, salah satu perusahaan keuangan terbesar di dunia ini dilaporkan telah mengambil langkah besar dengan membuka layanan transaksi cross-border menggunakan Polygon, blockchain layer-2 di jaringan Ethereum.

Pada Oktober 2020, JP Morgan juga mengumumkan peluncuran JPM Coin, stablecoin pertama yang didukung oleh bank AS dan digunakan sebagai alat pembayaran cross-border. Di bulan yang sama, bank tersebut juga meluncurkan Onyx, platform blockchain bank pertama di dunia, yang berfungsi untuk mengembangkan produk, platform, dan marketplace.

Meski bencana terus menimpa pasar kripto secara bertubi-tubi, mulai dari kehancuran Terra hingga ambruknya exchange FTX, tak peduli seberapa fear, uncertainty, and doubt (FUD) yang muncul, JP Morgan bersama komunitas kripto tampaknya masih akan terus bullish terhadap kripto.