Kelalaian NVIDIA, Ether Mining Hash Rate Limiter RTX 3060 Terbuka

Portalkripto.com– Pembaruan perangkat lunak yang dirilis oleh Nvidia secara tidak sengaja menghapus alat ukur jaringan pengaman cryptocurrency (hash rate limiter)  Ethereum pada kartu grafis GeForce RTX 3060 yang baru mereka rilis.

Dikutip dari Cointelegraph, juru bicara Nvidia, menyebutkan pembaruan driver 470,05 yang baru dirancang tersebut dirilis secara keliru. Awalnya, kode tersebut hanya diperuntukan bagi pengembang Nvidia, yang memungkinkan untuk penghapusan hash rate limiter. 

“Seorang driver developer secara tidak sengaja memasukkan kode yang digunakan untuk pengembangan internal yang menghilangkan pembatas kecepatan hash pada RTX 3060 dalam beberapa konfigurasi,” kata juru bicara Nvidia, seperti dilansir The Verge, Selasa, 16 Maret 2021.

Nvidia awalnya  berniat membatasi kinerja penambangan RTX 3060 untuk menjauhkan para penambang kripto membeli kartu grafis. Para pembuat kartu pengolah grafis (GPU) pun  tampaknya yakin bahwa pembatasan yang dilakukannya tidak dapat dijebol. 

LIHAT JUGA: Curi Listrik Senilai Rp 29 Milyar, Tujuh Penambang Bitcoin di Malaysia Diciduk

Banyak pihak menilai kebocoran tersebut bukan dikarenakan ada kesalahan dari driver developer Nvidia. Karena, seharusnya sistem keterkaitan antara perangkat keras, lunak, dan firmware komputer itu bisa mendeteksi ketika terdapat aktivitas penambangan Ether. Selain itu driver developer pun dapat melihat indikator berkurangnya daya komputasi, dari 50 megahertz per detik menjadi 25 megahertz per detik.

Namun, kecerobohan tersebut membuat pembatas kecepatan alat ukur jaringan cryptocurrency tersebut bocor di internet. Meskipun, pembaruan beta milik Nvidia tersebut telah ditarik oleh perusahaan.

LIHAT JUGA: Kapan Saat yang Tepat Beli Ethereum?

Kebocoran ini membuat para gamers merugi. Mereka harus menunggu untuk meningkatkan kartu grafis mereka. Selain itu, masalah tersebut pun berpotensi mengakibatkan para penambang Ether melahap pengiriman kode dalam kartu pengolah grafis (GPU). 

Namun, menurut Hexus.net, masalah kebocoran tersebut tidak mengakibatkan dampak yang besar. Hal itu hanya mempengaruhi pembukaan satu RTX 3060 saat itu juga. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.