Membeli Mobil Tesla Pakai Bitcoin Ternyata Tidak Mudah

Portalkripto.com– Perusahaan kendaraan listrik Tesla Inc memang sudah menerima pembelian sejumlah produknya menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency) Bitcoin. Pembelian menggunakan BTC ini masih diperuntukan bagi  pasar Amerika Serikat. Pembelian menggunakan Bitcoin untuk wilayah di luar AS masih belum bisa dilayani dalam waktu dekat ini

Namun faktanya, di Amerika pun sistem pembelian menggunakan aset digital ini masih belum sempurna. Banyak pihak yang menilai transaski ini cukup sulit.

Tesla baru saja mengeluarkan term and conditions (syarat dan kondisi) khusus untuk pembelian menggunakan Bitcoin. Dalam catatan syarat dan ketentuan pembayaran menggunakan Bitcoin itu, disebutkan bahwa transaksi menggunakan Bitcoin harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.

Hal tersebut diatur mengingat Bitcoin yang memiliki volatilitas yang tinggi, sehingga bisa saja dalam kurun waktu tertentu harga BTC akan kadaluarsa. Apabila transaksi menggunakan harga Bitcoin yang sudah kadaluarsa, pembeli harus membuat transaksi yang baru, sesuai dengan harga Bitcoin saat itu. 

Karena, Tesla hanya akan menerima jumlah yang tepat dan tidak akan mengganti pembayaran yang dikirim ke alamat alfanumerik apabila terjadi kesalahan.

Selain itu, dalam catatan syarat dan ketentuan tersebut dituliskan dengan huruf kapital, bahwa jika terdapat kesalahan dalam memasukan alamat Bitcoin, pembeli bisa saja kehilangan aset digital yang ditransaksikan. 

LIHAT JUGA: Punya 1 Bitcoin Lebih Sedikit Kalian Sudah Bisa Beli Mobil Listrik Tesla 

“JIKA ANDA MEMASUKKAN ALAMAT BITCOIN SECARA TIDAK BENAR, BITCOIN ANDA MUNGKIN HILANG ATAU HANCUR SECARA TIDAK MENARIK,” tulis catatan syarat dan ketentuan Tesla tersebut

“KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEGAGALAN MEMASUKKAN KODE ALPHANUMERIK SECARA AKURAT KE DALAM KODE LAPANGAN PENERIMA.”

Mengutip Coindesk, sejumlah agen pemasaran Tesla pun hingga saat ini masih belum bisa menjelaskan secara teknis bagaimana transaksi menggunakan Bitcoin dalam pembelian produk perusahaan tersebut. 

CEO Tesla Elon Musk sebelumnya mengumumkan bahwa produk perusahaannya sudah bisa dibeli menggunakan BItcoin (BTC). Namun, saat ini pembelian produk Tesla yang menggunakan Bitcoin masih diperuntukan untuk pasar Amerika Serikat.

Mobil listrik buatan Tesla saat ini sudah tersedia beragam type. Berdasarkan situs resmi Tesla, sedikitnya ada tiga tipe mobil listrik yang sudah dipasarkan, yakni Model S, Model 3, dan Model X. Sedangkan Model Y dan Cybertruck masih belum dijual.[] ITLS/PK

LIHAT JUGA: Elon Musk: Tahun Ini Produk Tesla Bisa Dibeli Pakai Bitcoin!

klik ini untuk SEMUA BERITA TENTANG BITCOIN