Pasar Crypto Masih Rawan, Berharap Bitcoin Sentuh $ 44 Ribu

Portalkripto.com-Pasar kripto mengawali pekan dengan penurunan yang cukup dalam. Trend bearish nampaknya masih akan terus berlanjut. Terlihat harga BTC terjun ke demand area dan titik support yang menjadi batas bawah area konsolidasi sebelumnya (konsolidasi area : $44,125-$47,188).

Analis Portalkripto.com, Arly Fauzi mengatakan, jika harga BTC terus berada pada area breakdown support, yakni di harga $42,474 , maka target bearish selanjutnya adalah pada harga $40,211.

“Tetapi ada kemungkinan pada saat menyentuh support tersebut harga BTC kembali naik hingga 44,125k,” ujar Arly.

 

Kejatuhan harga BTC di pekan ketiga September ini pun menjalar ke penurunan harga altscoin. Harga ethereum pada perdagangan hari ini terkoreksi cukup dalam, yakni sekitar 8 persen menjadi di kisaran 2.955 dollar AS per keping atau sekitar Rp 42 juta.

LIHAT JUGA: Bitcoin Lewati Fase Pemulihan, Sentuh $47 Ribu

Sementara itu, Solana, yang beberapa waktu lalu sempat meroket dan terus mencetak rekor pun ikut serta dalam tren pelemahan kali ini. Data Coinmarketcap menunjukkan, di antara 10 mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, solana adalah aset kripto dengan koreksi harga yang paling dalam.

Menurut para analis penuruan harga ini dipengaruhi oleh bertepatannya indeks Hang Seng Hong Kong turun 4% di tengah kekhawatiran penularan Evergrande. perusahaan raksasa properti in terlilit utang sehingga mengalami krisis likuiditas.

Kabar buruk lainnya datang dari Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka (CFTC) Amerika Serikat menduga pihak Binance memanipulasi volume perdagangan kripto di bursa ternama pimpinan Changpeng Zhao itu.

Bahkan disebutkan, CFTC memegang sejumlah alat bukti meyakinkan, bahwa Binance melegalkan aksi insider trading, yakni perdagangan yang dilakukan oleh pihak Binance sendiri.

LIHAT JUGAPortalkripto.com Luncurkan NFT bertajuk Washitown1991 di Opensea

Disisi lain, pemerintah El Salvador mengambil keuntungan dari penurunan harga Bitcoin baru-baru ini, dengan Presiden Nayib Bukele mengumumkan pembelian 150 koin baru yang bernilai sekitar $6.8 juta.

Bukele juga membagikan nasihat di Twitter, mendesak para pengikutnya untuk membeli bitcoin saat penurunan.

El Salvador sekarang memegang 700 koin setelah pembelian terbaru. Negara Amerika Tengah itu awalnya membeli 400 koin pada 7 September, hari dimana Bitcoin diadopsi sebagai alat pembayaran yang sah. Sebelum itu, Kongres menyetujui pembentukan dana Bitcoin $150 juta.

PENULIS: GALIH MUHAMAD/PORTALKRIPTO.COM