Paus Kecil Bitcoin Berkembang Biak, Paus Besar Lesu

Share :

Portalkripto.com– Jumlah investor paus yang memegang Bitcoin lebih dari 1000 koin mencapai titik terendah sejak tahun 2021. Namun, kabar gembiranya, paus-paus kecil yang memegang 100-1000 BTC berlipat ganda sejak lima bulan terakhir. 

Gelombang pasang surut Bitcoin yang terjadi sejak lima bulan terakhir ini membuat investor terombang-ambing. Namun, data mengatakan investor institusional malah mulai tertarik untuk mengadopsi Bitcoin dalam lima bulan terakhir ini. 

Laporan on-chain dari Glassnode, menyoroti bahwa paus Bitcoin tingkat menengah telah meningkat sejak awal September. Hal tersebut cukup menggembirakan, di mana kepercayaan investor paus masih kuat terhadap aset digital di tengah serangan FUD dari berbagi pihak.

Selain itu, Jurnalis yang fokus pada blockchain Colin Wu mengatakan, bahwa berdasrakan data Santiment, jumlah alamat yang menyimpan 100-1000 BTC telah meningkat secara signifikan dalam lima minggu terakhir. 

LIHAT JUGA: Nasdaq Isyaratkan SEC Menerima Permohonan ETF Bitcoin dari Valkyrie

Namun, di samping itu, paus Bitcoin yang memegang lebih dari 1000 BTC mengalami kemunduran sejak Desember 2012. 

Sejak 2021 tercatat hanya 81 dompet yang menampung 1.000 Bitcoin atau lebih, setiap Bitcoin yang dipegang oleh paus tersebut bernilai $13,51. Sedangkan, saat ini mata uang kripto nomor satu berdasarkan kapitalisasi pasar itu telah bernilai lebih dari $60.757—kira-kira 450.000% lebih tinggi dari pada Desember 2012. 

Pasar kripto mengalami kemajuan yang positif sejak awal Oktober ini. Bitcoin kembali menginjak harga tertingginya yang sempat disentuh pada bulan Mei 2021.

Saat laporan ini ditulis, Bitcoin masih terus resisten untuk mengejar harga $ 63 ribu. Total kapitalisasi pasarnya pun terus berada dalam tren positif. 

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO