Pengadilan Korea Selatan Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Do Kwon

Share :

Portalkripto.com — Pengadilan Korea Selatan mengeluarkan surat perintah penangkapan pendiri Terraform Labs, Do Kwon, Rabu, 14 September 2022. Selain Do Kwon, surat perintah itu juga ditujukan kepada lima orang lainnya yang terkait dengan kasus runtuhnya Terra pada Mei lalu.

Bloomberg melaporkan, pengadilan mendakwa mereka atas tuduhan pelanggaran hukum pasar modal negara. Keenam orang tersebut saat ini diketahui berada di Singapura.

Belum diketahui siapa saja selain Kwon yang tercantum dalam surat itu. Tidak diketahui juga apakah pendiri Terraform Labs lainnya, Daniel Shin, ikut diperintahkan untuk ditangkap.

Kolapsnya Terra, termasuk token aslinya, LUNA, dan stablecoin TerraUSD (UST), telah merusak kepercayaan dunia pada aset digital. Kerugian dari insiden ini bahkan belum sepenuhnya diganti.

Saat itu, harga kedua token tersebut jatuh hampir mendekati nol, melenyapkan uang investor sebesar $60 miliar. Peristiwa tragis yang menimpa Terra kemudian bagai memiliki efek domino yang membuat satu per satu perusahaan kripto lainnya ikut runtuh, termasuk Three Arrow Capital (3AC), Celsius Network, dan Voyager Digital.

Korea Selatan segera melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti ambruknya Terra. Sejumlah negara lain juga mulai mengembangkan kerangka regulasi untuk mengatur peredaran stablecoin.

Pada Juli lalu, jaksa Korea Selatan dilaporkan menggerebek rumah Daniel Shin. Ia diselidiki atas tuduhan melakukan aktivitas ilegal di balik runtuhnya stablecoin UST.