Peringatan Keras Bank Sentral China; Analis Crypto Nyinyir, Pasar Koreksi

Portalkripto.com– Beberapa saat setelah pernyataan yang dikeluarkan bank sentral China yang melarang keras perdagangan dan penambangan cryptocurrency, pasar langsung merespon. Harga Bitcoin turun ke harga $ 42 ribu dari level $ 44 ribu.

Pernyataan tersebut tampaknya sangat mempengaruhi kondisi pasar yang saat ini tengah dalam pemulihan. Penurunan harga Bitcoin pun diikuti oleh altcoin. Meski penurunan tidak teralu kentara, namun secara psikologis membuat pasar harus kembali konsolidasi untuk melanjutkan rally di akhir September ini. 

Sejumlah altcoin seperti SOL, AVAX, DOT, dan ALGO pun harus menunda rally mereka. Keempat koin tersebut harus koreksi sekitar 5-10% dalam beberapa jam saja. 

Bank sentral China beri peringatan keras terhadap aktivitas perdagangan dan penambangan crypto. Pernyataan tersebut dikeluarkan pada Jumat, 24 September 2021, pada halaman website People’s Bank of China.

Pernyataan yang ditandatangani oleh regulator keuangan dan dunia maya terkemuka China, membeberkan daftar lengkap aktivitas kripto yang dilarang, dan memerintahkan pemerintah daerah untuk menindaknya.

LIHAT JUGA: Pasar Crypto Masih Terbebani Sejumlah Sentimen

Sebelumnya, Dewan Negara China mengeluarkan pernyataan pada bulan Mei yang memerintahkan tindakan keras terhadap penambangan dan perdagangan crypto. Pernyataan itu mengirim lusinan perusahaan crypto ke luar negeri.

Regulator melarang bank dan lembaga keuangan lainnya menawarkan layanan terkait kripto dan menyerukan peningkatan sensor informasi terkait kripto.

Regulator juga ingin membangun mekanisme untuk peringatan dini dan menghentikan “hype” dalam aktivitas perdagangan dan penambangan kripto.

Pernyataan ini dinilai sangat klise. Sejumlah komentator dan pengamat pasar crypto memandang nyinyir pernyataan tersebut. Karena, bukan kali ini saja China membuat pengumuman semacam ini. 

Pengamat pasar dan pendukung crypto yang cukup populer di Twitter Scott Melker mengeluarkan pernyataan yang menggelitik. Ia mengatakan: “ mau berapa kali kalian (China) melarang hal yang sama.” 

http://