Perusahaan Kripto Celsius Buka Opsi Reborn dan Keluarkan Token Baru

Share :

Portalkripto.com — Platform lending kripto yang telah bangkrut, Celsius Network, dikabarkan membuka opsi untuk keluar dari proses kebangkrutan dan mengeluarkan token baru untuk mengompensasi kerugian yang dialami para krediturnya.

Laporan Bloomberg menyatakan opsi tersebut diutarakan pengacara Celcius, Ross Kwasteniet, dalam konferensi video sesi dengar persidangan 24 Januari 2022 di pengadilan Amerika Serikat (AS).

Disebutkan bahwa Celsius saat ini sedang bernegosiasi dengan para krediturnya untuk meluncurkan kembali platform tersebut. Namun opsi reborn itu harus disetujui oleh kreditur dan pengadilan. Bila disetujui, Ross mengatakan Celsius akan direorganisasi dan “menerbitkan token baru kepada kreditur sebagai bagian dari rencana pembayaran.”

Token Baru AST

Laporan yang lebih rinci dari CoinDesk menyatakan bahwa token tersebut akan dinamai Asset Share Token (AST). Token akan dibagikan kepada kreditur yang memiliki aset nyangkut dalam jumlah tinggi. Menurut Celsius, token AST ini bisa dijual di pasaran atau dipegang dalam jangka waktu tertentu oleh kreditur untuk memperoleh sejumlah dividen tertentu sesuai yang dijanjikan perusahaan.

Sedangkan investor menengah dan kecil, yang diperkirakan mencapai 60% hingga 70% dari basis pelanggan Celsius, dijanjikan akan menerima token kripto dalam sekali distribusi pencairan. Kemungkinan kripto yang bakal digunakan untuk kompensasi kerugian antara lain Bitcoin (BTC), Ether (ETH), stablecoin, atau koin lainnya yang mudah diperdagangkan.

“[Distribusi] akan didiskon. Kami tidak membayangkan recovery penuh, tapi ini adalah pemulihan yang berarti,” kata Ross.

Penerbitan token anyar oleh perusahaan kripto yang ditimpa musibah durjana ini bukan yang pertama kali terjadi. Bursa kripto Bitfinex mengeluarkan token BFX sesaat setelah 120.000 BTC milik perusahaan diretas pada Agustus 2016.

Setelah BFX, Bitfinex juga membuat beberapa token eksperimental lain setelah musibah perampokan. Token lain produksi Bitfinex tersebut yaitu Recovery Right Token (RRT) dan UNUS SED LEO (LEO).

Celcius Network sendiri sudah punya token CEL yang masih beredar luas dan diperdagangkan di sejumlah bursa. Harga CEL turun 77% selama setahun terakhir, berdasarkan data CoinMarketCap.

Celsius sendiri telah mengajukan kebangkrutan pada bulan Juli 2022. Pengajuan kebangkrutan terjadi setelah kejatuhan monumental ekosistem Terra Luna pada Mei. Kondisi bear market dan kesulitan keuangan membuat Celsius terpaksa gulung tikar. Celsius juga terkena dampak dari kebangkrutan 3AC lantaran duit mereka sebanyak $75 juta dipinjam 3AC. Wall Street Journal mencatat perusahaan ini memiliki total utang $5,5 miliar di mana $4,7 miliar di antaranya milik kreditur pengguna platform.