Perusahaan Kripto Raih Pendanaan Venture Capital $ 25 Miliar Selama 2021

Portalkripto.com– Mayoritas perusahaan yang bergerak di sektor blockchain dan cryptocurrency di seluruh dunia mendapat dukungan pendanaan yang fantastis dari venture capital selama tahun 2021. Jika ditotal ada sekitar 1.700 kesepakatan pendanaan senilai $ 25,1 miliar. 

Hal tersebut dikemukakan dalam Laporan Outlook Aset Digital 2022 The Block Research. Laporan tersebut menunjukan dibandingkan tahun sebelumnya, kesepakatan venture capital dengan perusahaan kripto meningkat 126% dan 719% peningkatan dalam hal pendanaan. 

Masuknya pendanaan dari venture capital menjadikan sejumlah perusahaan menyandang status unicorn baru–mencetak valuasi di atas $1 miliar. Salah satunya ialah FTX, Alchemy, TaxBit, dan Dune Analytics. Perusahaan terkenal lainnya, termasuk Binance dan cabangnya yang berbasis di AS, juga mengalami peningkatan valuasi.

LIHAT JUGA: Bitcoin Maximalis Menentang Konsep Web3, Apa Dasarnya?

Sektor yang paling diminati oleh venture capital adalah protokol crypto financial service exchanges/broker. Kedua sektor tersebut meraih lebih dari separuh pendanaan venture capital di ruang kripto  selama 2021. Sementara itu venture capital yang memiliki portofolio unicorn di sektor kripto adalah Coinbase dan Digital Currency Group. 

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM