Santa Claus Akhirnya Tiba! Bitcoin Pullback ke Harga $ 51 Ribu

Portalkripto.com– Harga Bitcoin pada perdagangan, Jumat, 24 Desember 2021, kembali berada di atas $ 50 ribu. Setelah sebelumnya lebih dari satu pekan Bitcoin berada dalam zona krisis. Aset terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar ini kini berada di jalur positif untuk memulihkan harga. 

Pada saat laporan ini ditulis, BTC diperdagangkan di harga $ 51,163. Berdasarkan data Coinmarketcap, BTC mengalami peningkatan 6,18% dalam 24 jam terakhir. 

Kenaikan harga BTC ini memicu gejolak pasar. Altcoin yang berada di peringkat 10 besar rata-rata terapresiasi lebih dari 2%. Terra Luna menjadi salah satu aset digital yang kenaikannya sangat meyakinkan, dalam 24 jam terakhir LUNA mengalami peningkatan 15,30%.

LIHAT JUGA: Perusahaan Kripto Raih Pendanaan Venture Capital $ 25 Miliar Selama 2021

Kendati demikian, kenaikan harga BTC saat ini masih 26,6% di bawah rekor tertinggi sepanjang masa pada 10 November di level $69,044,77. 

Melihat tren pergerakan BTC saat ini, sejumlah analis menilai bahwa level $52 ribu ini sangat penting. Harga tersebut menjadi kunci pergerakan BTC selanjutnya. Secara teknikal apabila BTC tidak mampu mempertahankan harga di atas $ 51 ribu, kemungkinan akan kembali jatuh ke level $ 48-49 ribu. 

Namun, apabila BTC mampu mendorong harga di atas $ 52 ribu ini akan menjadi sinyal bullish di akhir tahun. 

Kemerosotan harga BTC di bulan Desember 2021 ini ditenggarai karena aksi pengambilan untung akhir tahun. Ini bisa saja didorong karena banyak orang yang memerlukan dana tunai untuk kebutuhan natal dan tahun baru. Hal tersebut tercermin dari analisa on-chain di mana, periode Desember 2021 ini terdapat penurunan volatilitas yang cukup tajam. 

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO