Sinyal Bearish: Investor Institusional Terus Ambil Keuntungan di Tengah Kenaikan Harga BTC

Portalkripto.com– Investor institusional masih terus mengakumulasi keuntungan atas investasi mereka di Bitcoin. CoinShares mencatat, selama 4 pekan terakhir arus keluar investasi aset digital secara kumulatif terus bertambah dengan total dana yang keluar sebesar US$19,5 juta.

Fase ini menandakan, bahwa whales atau investor institusional masih terus mengakumulasi keuntungan mereka di tengah pasar bullish di pekan terakhir Juli 2021.Di mana saat itu, harga BItcoin menyentuh US$ 42 ribu, sebelum kembali turun ke level US$ 38 ribu saat ini. 

Hal ini pun menandai bahwa institusi memegang eksposur yang signifikan terhadap investasi cryptocurrency. Dengan perhitungan Coinshares, penyedia dana utama memiliki aset gabungan senilai $45,1 miliar yang dikelola. Eksposur institusional dapat meningkat dalam jangka pendek jika kasus bullish untuk siklus pasar empat tahun divalidasi.

LIHAT JUGA: Bitcoin Sentuh US$ 40 Ribu, Ini Faktor yang Sebabkan Harganya Kembali Turun

Dikutip dari Cointelegraph, sebagian besar arus keluar terkonsentrasi pada dana yang berfokus pada Bitcoin. Di mana terdapat penurunan total aset yang dikelola oleh perusahaan manajer investasi sebesar US$ 29 juta. 

Sementara itu, dana yang dikelola menggunakan Ethereum pun sedikit terpengaruh. Arus keluar aset digital terbesar kedua ini sebesar US$ 9,5 juta dalam empat pekan terakhir.

Fenomena ini salah satunya dipengaruhi oleh tren investor institusional yang mulai mendiversifikasi aset mereka ke multi aset dan altcoin. Alokasi dana mereka pada multi aset dan altcoin meningkat dengan kumulatif US$7,5 juta. Dana multi-aset telah menarik arus masuk $11,9 juta selama sebulan terakhir. 

Sedangkan, dana Bitcoin yang keluar secara kumulatif sebesar $67,8 juta selama periode yang sama.

LIHAT JUGA: Dua Koin Potensial yang Diprediksi Cuan di Bulan Agustus 2021

Sementara itu, berdasarkan data Glassnode, pada Week On-chain (Pekan 31, 2021), mmencatat bahwa ada volume koin yang sangat besar keluar dari bursa selama seminggu terakhir. Nilainya mencapai lebih dari 100.000 koin per bulan.

Hal ini menyebabkan neraca di bursa turun ke level terendah dalam lebih dari tiga tahun di 13%.

http://

Fenomena yang terjadi pasar crypto saat ini bisa menandakan adanya rejection pada tren bullish Bitcoin dalam waktu dekat. Faktor yang mempengaruhinya adaah adanya ketidakpercayaan pasar pada tren bulish kemarin. Sedangkan, beberapa analis percaya BItcoin akan kembali turun ke harga US$ 37-34 ribu. 

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.