Survei: Pemuda Inggris Dominan Memilih Cryptocurrency Dibanding Saham

Portalkripto.com– Sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga keuangan AS Charles Schwab  menunjukan bahwa pemuda di Inggris lebih memilih investasi di mata uang kripto (cryptocurrency) dibanding saham. 

Dikutip dari Reuters, Jumat 22 April 2021, survey tersebut mengindikasikan bahwa 51% investor berusia antara 18 dan 37 tahun memperdagangkan atau memiliki cryptocurrency. Separuh dari total tersebut (25%) menyatakan telah membeli dan memiliki aset digital di sejumlah bursa. 

Survey yang dipublikasi pada Kamis, 21 April 2021, tersebut pun menggambarkan bahwa ada sekitar 8% dari total responden berusia 55 tahun ke atas yang memperdagangkan cryptocurrency.

Fenomena ini menjadi suatu tanda bahwa magnet mata uang kripto di sejumlah negara telah menarik minat anak muda dalam berinvestasi. Lonjakan jumlah pemegang aset kripto ini dimulai saat dunia dihadapi dengan pandemi Covid-19. 

LIHAT JUGA: Orang Amerika Pakai Dana Bantuan Covid 19 untuk Investasi Bitcoin dan Saham

Selama pandemi ini banyak anak muda di sejumlah negara yang mencoba menjadi trader atau investor untuk menambah penghasilan mereka. 

Di mana pada tahun 2020, lonjakan investor cryptocurrency semakin bertambah. Lonjakan ini pun tak lepas dari aksi sejumlah perusahaan seperti MicroStrategy, Tesla, dan yang lainnya mengumumkan telah mengadopsi mata uang kripto, Bitcoin dan lainnya. 

“Karena semakin banyak orang muda yang membeli produk spekulatif, ada ketakutan bahwa investor ini tidak mendiversifikasi portofolionya cukup untuk mengurangi resiko jika pasar cryptocurrency menurun,” tulis siaran pers Charles Schwab yang mempresentasikan survei tersebut.

LIHAT JUGA: CEO PayPal: Mata Uang Digital Ciptakan Sistem Keuangan yang Inklusif

Kendati demikian, temuan dari survey tersebut pun menunjukkan bahwa tujuh dari sepuluh investor muda masih belum paham tentang bagaimana mengatasi kerugian yang mungkin saja mereka alami dalam sistem perekonomian ini

Survei tersebut dilakukan pada Februari dan Maret 2021. Survei dilakukan kepada  1.000 investor Inggris yang berusia di atas 18 tahun dan memegang setidaknya satu jenis investasi.

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.