Tether Malah Cetak Lebih Banyak Koin Saat Pasar Crypto Ambruk

Portalkripto.com– Stablecoin dengan kapitalisasi pasar terbesar, Tether (USDT), terus mencetak koin mereka di saat pasar cryptocurrency sedang berdarah-darah. Tether tercatat mencetak sekitar 6 miliyar token baru selama 30 hari terakhir.

Pencetakan token baru itu membuat Tether saat ini memiliki total supply sebanyak 62,476,291,004, sedangkan yang beredar sekitar 60 miliar token.

Dengan pencetakan koin baru ini membuat kapitalisasi pasar Tether memecahkan rekor. Untuk pertama kalinya, Tether memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 60 miliar. Hal ini menandai pencapaian pertumbuhan stablecoin paling besar dalam sejarah. 

Berdasarkan data dari Tether Transparency, nilai pasar USDT kini mencapai sekitar US$ 60,4 miliar pada, naik lebih dari 580% dari satu tahun lalu.

Menurut data dari layanan analitik blockchain Whale Alert, setidaknya 6 miliar token Tether USDT baru telah dicetak di perbendaharaan selama 30 hari terakhir, dengan pencetakan terbaru sebanyak 1 miliar USDT pada 24 Mei. 

LIHAT JUGA: Investor Paus Borong 122.588 Bitcoin Saat Pasar Crypto Jatuh

Berdasarkan keterangan resmi Tether, pencetakan token baru ini dikarenakan adanya permintaan institusional dan perusahaan yang cukup besar. 

Stablecoin merupakan token yang menginduk pada harga fiat atau dollar. Sehingga, harga USDT dan kawan-kawan cenderung stabil. Biasanya USDT digunakan para investor atau trader untuk membeli Bitcoin atau altcoin di bursa. 

Sehingga, banyak yang menafsirkan aksi pencetakan yang dilakukan oleh Tether ini sinyal bahwa pasar sedang kuda-kuda untuk memborong cryptocurrency.