Tiga Aksi Darurat untuk Menyelamatkan Jaringan Terra Luna

Share :

Portalkripto.com — Terra mengungkap beberapa upaya yang tengah dilakukan untuk memulihkan UST dan LUNA. Dalam keterangan yang disampaikan melalui akun Twitter resminya, Terra mengakui ketidakseimbangan pasak yang dialami UST telah menyebabkan penurunan nilai parah pada LUNA.

“Hambatan utama (dari pemulihan ini) adalah mengeluarkan piutang tak tertagih (bad debts) dari peredaran UST dengan cepat untuk memulihkan on-chain spreads (?),” tulis Terra.

Untuk mempercepat pemulihan, beberapa langkah sedang diambil oleh Terra. Terra mendukung Proposal 1164 yang diajukan komunitas untuk meningkatkan kapasitas pencetakan LUNA dari $293 juta menjadi lebih dari $1,2 miliar.

Terraform Labs juga melakukan tiga aksi darurat, yang diusulkan yakni:

1. Membakar sisa UST di community pool
2. Membakar sisa 371 juta UST lintas rantai di Ethereum
3. Staking 240 juta LUNA untuk bertahan dari serangan network governance

Terraform Labs akan mengirimkan sisa UST, yang digunakan sebagai insentif likuiditas di Ethereum (sebanyak 371 juta UST) selama beberapa bulan terakhir, kembali ke Terra. Sisa UST tersebut seluruhnya akan dibakar menggunakan modul bakar sambil menunggu hasil dari vote proposal.

“TFL (Terraform Labs) saat ini sedang menjajaki cara terbaik untuk membakar sisa UST, yang sebagian besar telah diperoleh dalam beberapa hari terakhir untuk mencegah aksi jual UST di berbagai pasar terbuka,” tambahnya.


Jelajahi Artikel Lain:

UST Ambruk, Eks Pegawai Terra Ungkap Kegagalan Do Kown Sebelumnya

Bitcoin Belum Sentuh Harga Dasar, Analis: Aksi Jual Masih Berlanjut


Secara keseluruhan, sekitar 1.388.233.195 UST akan dihilangkan dari pasokan setelah tiga aksi yang diusulkan di atas telah dilakukan. Jumlah ini setara dengan sekitar 11% dari pasokan yang beredar.

Mengatasi piutang tak tertagih dengan cara-cara di atas diharapkan dapat membantu memulihkan on-chain spreads sehingga tekanan pasak terhadap UST bisa berkurang secara signifikan.

“Harap dicatat bahwa TFL sedang berada di ruang perang dan telah bekerja tanpa henti selama empat hari terakhir untuk mencari solusi dan jalan potensial untuk membantu pengguna yang terkena dampak dan menghentikan penurunan,” tulis Terra.

Secara publik, Terra akan terus merilis pemberitahuan terkini.

LUNA Terperosok Lebih Dalam

Harga LUNA ambruk untuk kesekian kalinya. Token tersebut tidak mampu menahan harga di level $1. Pada perdagangan hari ini, LUNA jatuh ke harga awal token ini dijual, di level $0.05.

Kapitalisasi pasarnya pun ambrol ke level $ 398 juta. Penurunan kapitalisasi ini mengakibatkan rangking LUNA melorot ke rangking 103 coinmarketcap, padahal, seminggu yang lalu LUNA masih nagngkring di peringkat 8.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.