Tiga Faktor yang Sebabkan BTC, ETH, dan BNB Terkoreksi

Portalkripto.comTiga cryptocurrency yang memiliki volume terbesar, Bitcoin (BTC), Ether (ETH), dan Binance Coin (BNB), Minggu pagi ini mengalami koreksi yang cukup dalam. Tren ini terjadi bersamaan setelah ketiga aset digital tersebut rally selama pekan kemarin.

Berdasarkan data coinmarketcap, Bitcoin turun 7,60% dalam 24 jam terakhir. Harga BTC merosot menjadi Rp 830 juta, dari harga tertingginya Rop 940 juta. 

Sedangkan, Ether (ETH) pu terkoreksi hingga 8,29%. ETH yang sempat menginjak harga tertinggi barunya pada pekan kemarin kini harganya merosot menjadi Rp 33 juta.

Begitupun BNB, koin yang mengalami pertumbuhan paling positif di bulan April ini pun harus terkoreksi cukup dalam 10,02%.

Rumor Departemen Keuangan AS

Secara teknikal, ketiga koin tersebut sedang pada fase konsolidasi atau mencari harga barunya. Setelah rally yang cukup panjang dan menemukan harga tertinggi baru, ketiga koin tersebut selama kurang lebih dua hari mengambang di jalur sideways. 

Namun, pada Minggu pagi ini, pasar tiba-tiba dikejutkan dengan penurunan harga BTC yang lumayan dalam. 

Disaat ketiga kin terbesar sedang konsolidasi mencari harga baru, pasar tiba-tiba diterpa sebuah rumor bahwa Departemen Keuangan AS berencana menagih beberapa lembaga keuangan yang melakukan pencucian uang menggunakan cryptocurrency.

LIHAT JUGA: Bitcoin Belum Puncak, Masih Mencari Harga Tertingginya di Bulan ini

Rumor tersebut sangat berdampak besar bagi psikologis pasar. Meskipun rumor tersebut masih belum terkonfirmasi. 

Peningkatan Jumlah Penahan Jangka Panjang 

Berdasarkan data Bybit, pada saat harga BTC anjlok ke harga US$ 53 ribu di hari ini, 18 April 2021, jumlah pembelian koin untuk jangka panjang justru meningkat. 

Pada titik ini, para Hodler sedang membentuk sebuah titik penting bagu harga Bitcoin di akhir bulan April. Namun, penentuan bullish atau tidaknya dilihat dari apakah area harga US$ 60.000 dapat dipertahankan?

Setelah Euforia DogeCoin dan Coinbase

Pasar cryptocurrency di akhir pekan ini bisa diibaratkan dalam kondisi pasca-pesta. Pada umumnya, situasi setelah pesta adalah masa penyesuaian, dan saatnya beres-beres.

Begitupun pasar crypto, setelah menjalani euforia Coinbase yang berhasil melantai di bursa saham Nasdaq, AS dan peningkatan yang gila-gilaan bagi Alts coin macam XRP dan Dogecoin, pasar kini sedang melakukan penyesuaian kembali. 

Dan yang paling terdampak dalam penyesuaian atau konsolidasi ini adalh koin-koin yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar, seperti BTC, ETH, dan BNB.