Ukraina Menyusul El Salvador Legalkan Cryptocurrency

Portalkripto.com-Parlemen Ukraina hari ini mulai regulasi yang melegalkan aset dan bursa kripto untuk beroperasi secara resmi di negara tersebut.

Cryptocurrency di Ukraina sampai sekarang masih berada di wilayah abu-abu. Meskipun demikian, perusahaan data blockchain Chainalysis menempatkan Ukraina sebagai Negara pengadopsi cryptocurrency teratas di dunia pada September 2020.

Jika RUU ditandatangani menjadi undang-undang, bank akan bebas mengambil akun perusahaan kripto. Sementara warga yang memiliki akun kripto akan memiliki perlindungan hukum jika terjadi pencurian.

Kementerian Transformasi Digital Ukraina kini bertanggung jawab untuk meningkatkan literasi digital dan akses online. Selain itu, mereka akan merancang dan bertanggung jawab untuk menerapkan undang-undang tersebut.

LIHAT JUGA: Ini Alasan Kemendag Ngotot Bentuk Bursa Kripto Indonesia

Regulasi tersebut diharapkan mulai berlaku musim gugur ini setelah kode pajak diubah dan presiden menandatangani undang-undang tersebut. .

Ukraina saat ini masih bermasalah dengan situasi ekonominya. Produk domestic bruto (PDB) Ukraina tidak sebanding dengan populasinya. Menurut laporan IMF tahun 2019, Ukraina menempati peringkat ke-23 dari 46 negara sebagai negara yang menghasilkan PDB paling besar. 

Kementerian ingin meningkatkan jumlah PDB dengan menarik bisnis kripto.”Secara khusus, penerapan undang-undang khusus akan merangsang daya tarik valuta asing ke pasar Ukraina,” kata Wakil Menteri Oleksander Bornyakov dalam siaran pers.

LIHAT JUGA: Diperingati Otoritas Financial Afrika Selatan, Binance Balik Melawan

Dalam laporannya, Chainalysis mencatat negara tersebut masih memiliki tingkat korupsi dan penyitaan aset yang tinggi. Masyarakatnya pun sudah mulai tidak percaya pada bank. Warga telah beralih ke cryptocurrency untuk melindungi aset mereka, menurut data tahun lalu warga Ukraina telah melakukan transaksi kripto sebanyak US$8,2 miliar.

Kementerian Transformasi Digital telah aktif di bidang kripto selama berbulan-bulan. Pada bulan Januari, ia menjalin kesepakatan dengan Stellar Development Foundation untuk mengembangkan mata uang digital bank sentral yang mulai diteliti oleh Bank Nasional Ukraina empat tahun lalu. Stellar akan membantu dalam mengembangkan regulasi dan infrastruktur cryptocurrency di Ukraina.

 PENULIS: GALIH MUHAMAD/PORTALKRIPTO.COM