🔥 HOT TOPIC :

Walmart Berencana Pasang 8000 ATM Bitcoin di Seluruh AS

Share :

Portalkripto.com– Perusahaan jaringan supermarket dan departemen asal Amerika Serikat Walmart berencana memasang 8000 ATM Bitcoin di seluruh wilayah Amerika Serikat. 

Walmart akan bermitra dengan perusahaan Coinstar dan exchanges crypto-cash CoinMe. Untuk permulaan Walmart akan memasang 200 ATM BTC di sejumlah tokonya di AS. 

Dikutip dari Bloomberg, Chief strategy officer dan kepala penelitian di BitOoda Sam Doctor mengatakan meskipun ATM Bitcoin bukan hal yang baru di sektor perdagangan ritel terutama supermarket, langkah yang diambil Walmart akan lebih memberikan legitimasi bagi kegunaan cryptocurrency. 

“Walmart memperluas akses Bitcoin ke lebih banyak orang, dan memberikan legitimasi lebih lanjut di antara para skeptis, jika mereka meluncurkannya di luar uji coba awal,” ujarnya. 

LIHAT JUGA: Investor Kripto Veteran ini Ogah Beli Bitcoin ETF

Penggunaan ATM Bitcoin ini sebetulnya sudah lazim di AS. Pengguna bisa menggunakan ATM ini dengan cara memasukan uang kertas untuk mendapatkan voucher penukaran. Untuk menukarkan voucher tersebut, pengguna harus memilki akun Coinme. 

Meski demikian, penggunaan ATM Bitcoin ini memakan biaya layanan yang tinggi.  Terdapat biaya tambahan yang harus dikeluarkan pengguna saat menggunakan fasilitas ATM tersebut, yakni berupa biaya administrasi sebesar 11%. Biaya tersebt mencakup  4% untuk opsi Bitcoin, ditambah biaya pertukaran tunai 7% tambahan.

Sebagai perbandingan, platform perdagangan kripto populer Binance dan Coinbase membebankan biaya masing-masing 3% hingga 4,5%, dan 3,99% untuk pembelian kartu debit dan kredit. Bebas melakukan deposit langsung dari rekening bank ke dompet Binance atau Coinbase.

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM