Waspada, Modus Penipuan Penjualan Aset Kripto Melalui Siaran Langsung Youtube 

Portalkripto.com– Modus penipuan penjualan aset kripto yang menggunakan saluran streaming Youtube sudah terjadi sejak lama. Akun-akun palsu membuat tayangan langsung seolah-olah menjual aset kripto yang bertujuan untuk phising atau penipuan. 

Modus penipuan ini kini mulai terungkap. Sebuah laporan baru dari Google’s Threat Analysis Group (TAG) menyebutkan bahwa pihaknya telah memantau pembuat konten di Youtube yang menyiarkan tayangan palsu mengatasnamakan produk kripto untuk tujuan jahat. 

TAG mengaitkan kampanye phising tersebut berkaitan dengan sekelompok peretas yang direkrut di forum berbahasa Rusia. Kelompok ini meretas saluran pembuat konten dengan menawarkan peluang kolaborasi palsu. Setelah dibajak, saluran YouTube dijual kepada penawar tertinggi untuk menyiarkan penipuan cryptocurrency.

“Sejumlah besar saluran yang dibajak diganti namanya untuk streaming langsung penipuan cryptocurrency. Di pasar perdagangan akun, saluran yang dibajak berkisar dari $3 USD hingga $4,000 USD tergantung pada jumlah pelanggan,” tulis laporan tersebut.

TAG juga melaporkan bahwa para peretas mengubah nama, gambar profil, dan konten saluran YouTube untuk meniru perusahaan exchanges atau cryptocurrency besar.

“Video streaming langsung penyerang menjanjikan hadiah cryptocurrency dengan imbalan kontribusi awal.”

LIHAT JUGA: SHIB Melonjak Lebih dari 28%, Selangkah Lagi untuk ATH Baru

Untuk menangkal kejadian ini, Google telah mempersiapkan alat untuk mendeteksi dan memblokir email phishing dan rekayasa sosial, pembajakan pencurian cookie, dan streaming langsung crypto-scam sebagai tindakan balasan.

Dilaporkan ke FBI

Sampai saat ini Google telah berhasil mengurangi peredaran email phishing Gmail sebesar 99,6% sejak Mei 2021. 

“Dengan upaya deteksi yang meningkat, kami telah mengamati penyerang beralih dari Gmail ke penyedia email lain (kebanyakan email.cz, seznam. cz, post.cz dan aol.com),” tulis Google dalam laporannya.

Selain itu, Google pun telah melaporkan temuan tersebut ke Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat untuk penyelidikan lebih lanjut.

Portalkripto pun sempat menemukan beberapa akun yang menanyangkan siaran langsung penjualan ast kripto di Youtube dengan indikasi scam. 

Pada bulan Mei lalu terdapat sebuah tayangan di Youtube dengan nama channel SNL-News melakukan penipuan yang sangat terang-terangan. Video tersebut menyiarkan sebuah tayangan langsung (live) yang seolah-olah Elon Musk sedang mengumumkan dirinya akan bagi-bagi giveaway DOGE sejumlah 500 juta. 

LIHAT JUGA: Waspada Penipuan “Giveaway DOGE Elon Musk” di Website snl-doge[dot]org

User yang tertarik diminta untuk membeli sejumlah DOGE. Namun, user diarahkan untuk mengirim aset digital yang sudah dibeli ke alamat smart contract yang jelas palsu. 

Kasus ini pernah pun pernah menimpa pendiri Apple Steve Wozniak. Bahkan, ia menguggat Youtube atas video yang menyiarkan penipuan tentang cryptocurrency. Gambar dirinya digunakan dalam video penipuan tersebut. 

Namun, gugatan rekan Steve Jobs tersebut ditolak oleh Hakim Pengadilan Tinggi Santa Clara County. Dikutip dari Bloomberg, 3 Juni 2021, Majelis Hakim menilai bahwa YouTube dan perusahaan induknya Google dilindungi di bawah hukum federal dari tanggung jawab atas unggahan penggunanya.

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM