Akankah The Merge Ethereum Berimbas pada Kenaikan Harga ETH?

Share :

Portalkripto.com- Pada September ini, Ethereum (ETH) akan melakukan upgrade dengan merubah konsensus pada Blockchain nya, yang pada awalnya menggunakan konsep Proof-of-Work (PoW) dan akan diganti menjadi Proof-of-Stake (PoS).

Perubahan dari ETH ke ETH 2.0 menjanjikan kemajuan yang signifikan pada fungsionalitas, dan peningkatan jaringan secara keseluruhan. Beberapa peningkatan penting antara lain peralihan ke Proof-of-Stake (PoS), shard chain, dan blockchain baru di intinya yang disebut beacon chain.

Perubahan ini membuat jaringan Ethereum diklaim menjadi lebih ramah lingkungan dan mengurangi total pasokan ETH sebesar 90%.

“The Merge mewakili penggabungan lapisan eksekusi Ethereum yang ada (Mainnet yang kami gunakan hari ini) dengan lapisan konsensus bukti kepemilikan yang baru, yakni Beacon chain. Jaringan baru ini akan menghilangkan kebutuhan untuk penambangan yang boros energi dan sebagai gantinya mengamankan jaringan menggunakan ETH yang distaking. Langkah yang benar-benar menarik dalam mewujudkan visi Ethereum – lebih banyak skalabilitas, keamanan, dan keberlanjutan,” tulis sebuah laporan di laman resmi Ethereum.

 

Sumber: https://ethereum.org/en/upgrades/merge/

 

Sementara itu, dalam sebuah wawancara dengan Cointelegraph, peneliti Ethereum Vivek Raman mengatakan, The Merge menjanjikan tingkat inflasi yang lebih rendah dibandingkan jaringan Bitcoin.

“Setelah penggabungan, Ethereum akan memiliki inflasi yang lebih rendah daripada Bitcoin. Terutama dengan fee burns, Ethereum akan mengalami deflasi sementara Bitcoin akan selalu mengalami inflasi. Padahal, setiap halving, tingkat inflasi turun.”

Sementara Bitcoin akan mempertahankan fungsinya sebagai emas digital, menurut Raman, Ethereum masih akan memiliki “ruang adopsi yang lebih besar” sebagai lapisan dasar ekonomi keuangan terdesentralisasi (DeFi).

The Merge ini akan turut berdampak pada proses penambangan atau pencatatan node. Meskipun demikian, Ethereum memastikan bahwa setelah penggabungan (the merge) ini siapapun masih bebas menyinkronkan salinan Ethereum yang diverifikasi sendiri (yaitu menjalankan node). “Tidak diperlukan ETH. Tidak sebelum The Merge, tidak setelah The Merge, tidak pernah,” tulis Ethereum.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

SEC Investigasi Coinbase Karena Dituding Memperdagangkan Aset Sekuritas

Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, ADA, dan DOT, 27 Juli 2022

Pemegang BTC yang Optimis Ambil Alih Posisi Investor Putus Asa


Analisis Pergerakan Harga ETH

The Merge yang akan dilakukan ini bakal menjadi fundamental yang baik bagi ekosistem dan perkembangan Ethereum. Tetapi apakah hal tersebut bisa menjadi hal yang baik dan memicu  kenaikan harga token native mereka, ETH ?

ETH berhasil menciptakan harga tertinggi sepangjang masa (ATH) di November 2021 pada harga $4.868. Tetapi tidak lama setelah berhasil menciptakan harga ATH, pergerakan harga ETH mengalami penurunan dan masuk ke dalam bearsh season.

 

ETH/USDT 1week. By: Arli Fauzi

 

Analisa teknikal dari pergerakan harga ETH pada bearish season ini akan dibagi menjadi dua fase yaitu fase impulsif dan fase korektif. Fase impulsif akan merepresentasikan primary trend yaitu penurunan, dan fase korektif akan merepresentasikan secondary trend yaitu kenaikan.

Fase Impulsif ke-1

Harga ETH mengalami penurunan selama 77 hari dengan rentan waktu November 2021-Januari 2022 sebesar 55,65%, dari harga $4.868 ke $2.159 dan membentuk sebuah fase impulsif wave pertama pada bearish season.

Fase Korektif ke-1

Setelah mengalami penurunan pada fase impulsif yang pertama, pergerakan harga ETH mulai menunjukan perlawanan. Harga ETH mengalami kenaikan selama 63 hari, dengan retan waktu Januari 2022-Maret 2022, bahkan hingga menyentuh harmonic resistance dari fibonacci retracement ratio 0.5. Harga ETH berhasil naik sebesar 65,83% dari harga $2.159-$3.580,34. Kenaikan harga pada ETH ini menjadi korektif wave pertama pada bearish season.

Fase Impulsif ke-2

Harga ETH mengalami rejection atau penolakan pada saat mencapai harga $3.580,34 yang menjadikan titik tersebut sebagai lower high (LH) dan puncak dari korektif wave pertama.

Pergerakan harga ETH kembali ke trend utama nya yaitu penurunan dan membentuk impulsif wave kedua. Penurunan harga ETH pada impulsif wave kedua berlangsung selama 77 hari dengan rentan waktu Maret 2022-13 Juni 2022.

Penurunan harga pada fase impulsif kedua lebih besar dari fase impulsif yang pertama yaitu sebesar 75,38%, dari harga $3.580,34-$881,56. Titik terendah pada fase impulsif kedua berada pada harga $881,56 dan menjadi major support sementara untuk ETH pada tahun 2022.

Fase Korektif ke-2

Setelah anjlok hingga 75,38%, pergerakan harga ETH kembali mampu rebound dan membalikan arah harga hingga membentuk korektif wave kedua.

Pada tanggal 13-25 Juni 2022, harga ETH kembali naik sebesar 88,79% dari harga $881,56-$1664,34. Meski begitu, kenaikan harga pada fase korektif kedua ini masih belum maksimal.

Apabila kita melihat sejarah pergerakan harga pada fase impulsif pertama yang turun sebesar 55,65% ,dan terjadi kenaikan sebesar 65,83% pada fase korektif pertama, maka dari kedua hal tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa kenaikan harga pada fase korektif pertama lebih besar daripada penurunan pada fase impulsif pertama.

Berkaca dari hal tersebut, didapatkan kesimpulan jika pada fase impulsif kedua penurunan harga ETH turun hingga 75,38%, bukan tidak mungkin kenaikan harga pada fase korektif kedua akan lebih besar dari penurunan pada fase impulsif kedua.

Walaupun harga ETH sudah naik sebesar 88,79% pada fase korektif kedua, tetapi hal tersebut belum maksimal, karena pergerakan harga ETH baru 42 hari berada pada fase korektif kedua ini dan jika kita melihat pada fase korektif pertama, harga ETH mampu menyentuh harmonic resistance dari fibonacci retracement ratio 0.5.

Target kenaikan pada fase korektif kedua kemungkinan akan berada pada harmonic resistance dari fibonacci retracement minimal di ratio 0.382 yaitu pada harga $1.912,49. Dengan demikian target kenaikan harga ETH pada fase korektif kedua ini adalah sebesar 116,89% dari harga $881.56-$1.912,49.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.